Hubungan Kecanduan Bermain Video Game yang mengandung unsur kekerasan dan Stres Akademik terhadap Perilaku Agresif pada Remaja di SMP N 31 Padang

Fitria, Sari Fauzi (2020) Hubungan Kecanduan Bermain Video Game yang mengandung unsur kekerasan dan Stres Akademik terhadap Perilaku Agresif pada Remaja di SMP N 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku Agresif merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kalangan remaja yang sedang menjalani pendidikan dan mencari jati diri. Perilaku agresif dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres akademik dan kecanduan bermain video game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan kecanduan bermain video game dengan perilaku agresif remaja SMPN 31 Padang. Penelitian dilakukan dari dari tanggal 10 Agustus 2017 sampai dengan 12 Agustus 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah cross sectional study. Metode sampel yang digunakan adalah sensus dengan total responden 264 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner yang terdiri dari The Diagnostik and Statistic Manual of Mental Disorders IV (DSM-IV), Educational Stres Scale for Adolescents (ESSA), dan Agression Questionaire. Analisa bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan kecanduan bermain video game yang dilakukan oleh remaja termasuk dalam kategori tidak candu dengan persentase sebesar 68,6%, sedangkan yang mengalami stres akademik masuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 50,37%. Serta didapatkan hasil tidak adanya hubungan yang bermakna antara kecanduan bermain video game dengan perilaku agresif di SMPN 31 Padang (p value=0,320) dan adanya hubungan yang bermakna antara stres akademik dengan perilaku agresif di SMPN 31 Padang (p value=0,000). Pihak sekolah terutama pada guru untuk meninjau ulang proses belajar mengajar karena salah satu penyebab perilaku agresif pelajar adalah dari rasa stres pelajar yang disebabkan adanya tekanan dari studi sehari-hari serta memberikan masukan positif dari guru terutama dampak dari bermain video game terhadap perilaku pelajar, membuat media-media informasi disekolah tentang dampak dari bermain video game. Kata kunci : Kecanduan Bermain video game, Stress Akademik dan Perilaku Agresif Daftar pustaka: 74 (1992-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:01
Last Modified: 08 Feb 2021 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70232

Actions (login required)

View Item View Item