KAJI EKPERIMENTAL SISTEM LANDING GEAR UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) DENGAN PEREDAM INERTER

Muhammad, Farid (2021) KAJI EKPERIMENTAL SISTEM LANDING GEAR UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) DENGAN PEREDAM INERTER. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img] Text (TA Full Text)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari arak jauh dengan menggunakan remot kontrol dan merupakan teknologi masa depan yang terus berkembang. Dalam penelitian yang dilakukan mengkaji kemampuan landing gear dalam meredam beban impak. Landing gear merupakan salah satu komponen penting pesawat yang mengalami beban impak saat pesawat mendarat. Pada penelitian yang dilakukan kemampuan landing gear dalam meredam beban impak dilihat pada respon percepatan dari struktur landing gear. Pada fenomena beban impak berlebih mengakibatkan amplitudo percepatan maksimum yang besar yang akan menyebabkan patah nya landing gear dan akan merusak konstruksi rangka dari pesawat. Untuk mengatasi beban impak berlebih maka dilakukan peredaman dengan prinsip mengubah beban hentakan menjadi gaya inersia dengan menambahkan peredam inerter pada landing gear. Peredaman yang dilakukan tergolong dalam peredaman pasif dimana dalam proses peredamannya tidak menggunakan energi. Metode untuk melihat respon percepatan landing gear adalah drop test yang mana landing gear pada ketinggian tertentu akan dijatuhkan sensor accelerometer akan mengirimkan sinyal ke voltage amplifier lalu diteruskan ke digital signal processing dan respon percepatan akan ditampilkan di komputer. Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa inerter mampu meredam beban impak berlebih sehingga pada respon percepatan yang terjadi menyebabkan amplitudo percepatan maksimum menjadi menurun.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lovely Son, Prof. Dr.-Ing. Mulyadi Bur
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Unmanned Aerial Vehicle, landing gear, beban impak, amplitudo percepatan maksimum, peredaman pasif, inerter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:42
Last Modified: 08 Feb 2021 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70146

Actions (login required)

View Item View Item