PUBLIC RELATIONS SEBAGAI PELAKSANA PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE

DWI, LARA (2016) PUBLIC RELATIONS SEBAGAI PELAKSANA PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Bismillah fix jilid Skripsi (LENGKAP).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Public Relations sebagai Pelaksana Program Sosial Bank Indonesia dalam Mewujudkan Good Corporate Governance Oleh: DWI LARA 1210861006 Pembimbing : Yessi Puspita, S.Sos, M.Si Revi Marta, M.I.Kom Penelitian ini membahas mengenai aktivitas Public Relations yang berhubungan dengan publik eksternal, salah satunya adalah masyarakat. Hal ini dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR). Sebuah perusahaan yang telah menjalankan CSR dinyatakan sebagai perusahaan yang memiliki tata kelola yang baik (Good Corporate Governance) sesuai anjuran pemerintah. Hal ini juga berlaku pada lembaga Independen sekelas Bank Indonesia sebagai Bank Sentral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan PR sebagai Pelaksana kegiatan CSR pada Bank Indonesia yang disebut dengan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Selain itu untuk dapat menemukan hambatan yang menjadi penyebab belum maksimalnya pelaksanaan PSBI sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG), sekaligus menemukan upaya untuk memaksimalkan pelaksanaan PSBI sesuai prinsip GCG. Penelitian ini menggunakan Model CSR Archie Caroll tentang empat tahapan pelaksanaan pertanggung jawaban CSR yang menjadi pisau bedah bagi pemasalahan dalam penelitian ini. Ada empat tahap pelaksanaan CSR dalam model ini, yaitu tahapan pertanggungjawaban ekonomi sebagai dasar pelaksanaan CSR. Tahapan pertanggung jawaban legalitas hukum yang mengatur aturan pelaksanaan CSR. Tahapan pertanggung jawaban etis yang bersumber atas keinginan masyarakat. Pada puncak tahapan dalam model ini, adalah pertanggung jawaban filantropis yang berkontribusi untuk masyarakat dan membimbing masyarakat menuju kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan PR dalam pelaksanaan PSBI yang mencakup tahap pra pelaksanaan, aksi, dan tahapan evaluasi. Permasalahan yang menyebabkan belum maksimalnya pelaksanaan PSBI adalah karena permasalahan teknis sumber daya manusia yang berjumlah minim. Serta, belum sesuai dengan model CSR yang dikonsepkan oleh Archie Caroll. Upaya dalam memaksimalkan PSBI yang sesuai dengan prinsip GCG adalah dengan melakukan evaluasi dan peningkatan pengetahuan dibidang CSR bagi PR. Keywords : Public Relations, Program Sosial Bank Indonesia, Good Corporate Governance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 May 2016 04:33
Last Modified: 03 May 2016 04:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item