MANAJEMEN KRISIS PT. AGRIMITRA UTAMA PERSADA DALAM MENANGANI PEMBERITAAN MEDIA MASSA (Studi Kasus Pembohongan Publik Pada Label Kemasan Sumber Minuman Sehat (SMS))

Vina, Tri Syahyuti (2021) MANAJEMEN KRISIS PT. AGRIMITRA UTAMA PERSADA DALAM MENANGANI PEMBERITAAN MEDIA MASSA (Studi Kasus Pembohongan Publik Pada Label Kemasan Sumber Minuman Sehat (SMS)). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI VINA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu peran dari public relations yakni sebagai fungsi komunikasi untuk mengembangkan komunikasi sebuah perusahaan dengan publik agar berjalan dengan baik untuk mewujudkan goodwill dan mutual understanding terhadap publik. Di dalam situasi krisis, public relations berperan vital, khususnya pada proses manajemen krisis perusahaan. Peran public relations tersebut dituntut berkemampuan untuk melindungi dan mempertahankan reputasi perusahaan dalam menghadapi tantangan publik. Pada permasalahan ini bagian PT. Agrimitra Utama Persada yang menangani dugaan pembohongan publik adalah bagian personalia yang langsung dibawahi general manager. Tujuan pada penelitian ini ialah mendeskripsikan tahapan krisis serta menganalisis manajemen krisis PT. Agrimitra Utama Persada dalam menangani kasus pembohongan publik pada label kemasan Sumber Minuman Sehat (SMS). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembahasan tahapan krisis menggunakan tahapan krisis menurut Steven Fink dan proses manajemen krisis dibahas menggunakan Situational Communication Crisis Theory (SCCT). Hasil penelitian ini menunjukan krisis yang dialami perusahaan bermula dari permasalahan internal, dimana rendahnya tingkat pengetahuan perusahaan terkait pentingnya perizinan label kemasan produk. Hal ini berkelanjutan menyebabkan timbulnya krisis komunikasi, sehingga muncul pemberitaan di media massa. Proses manajemen krisis yang dilakukan perusahaan PT. Agrimitra Utama Persada yakni dengan memonitoring pemberitaan yang beredar sekaligus melihat respon masyarakat terkait pemberitaan tersebut, lalu mengumpulkan data dan fakta sebagai alat yang akan digunakan dalam pembentukan strategi yang akan digunakan dalam menghadapi krisis. Strategi yang telah ditentukan diolah menjadi informasi yang disampaikan kepada publik. Hal tersebut sejalan dengan bekerjasama pihak media sebagai wadah penyampaian informasi kepada publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Manajeman Krisis, Pembohongan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:59
Last Modified: 05 Feb 2021 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70021

Actions (login required)

View Item View Item