HUBUNGAN PROMOSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN PERILAKU KESELAMATAN (SAFETY BEHAVIOR) PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. FAMILI RAYA CRF PADANG TAHUN 2020

Yoly, Marlina (2020) HUBUNGAN PROMOSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN PERILAKU KESELAMATAN (SAFETY BEHAVIOR) PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. FAMILI RAYA CRF PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Keseimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Promosi K3 kepada karyawan PT. Famili Raya CRF Padang belum rutin dilaksanakan bahkan perusahaan ini belum memiliki SMK3. Hal ini cenderung menciptakan bahaya secara masif di tempat kerja. Selain itu, pelatihan terkait pemahaman tentang promosi K3 masih minim sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan kerja. Oleh karena itu, penting untuk mengedepankan K3 dalam mencegah risiko kecelakaan kerja di PT. Famili Raya CRF Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara promosi kesehatan dan keselamatan kerja dengan perilaku keselamatan pada pekerja bagian produksi PT. Famili Raya CRF Padang pada tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain cross sectional dan dilaukan pada bulan Maret 2020 - Juni 2020 di PT .Famili Raya CRF padang. Sampel berjumlah 65 orang responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengamatan dan wawancara. Pengolahan data menggunakan anlisis univariat dan analisis bivariat dengan uji statistik Chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari separuh pekerja PT. Famili Raya CRF Padang responden memiliki persepsi yang kurang baik perilaku keselamatan terhadap (49,2%). Terdapat hubungan yang bermakna antara variabel rambu-rambu keselamatan (p-value=0,000), komunikasi pesan keselamatan (p-value =0,014), pengawasan keselamatan (p-value =0,000), dan pelatihan keselamatan (p-value =0,000) dengan perilaku keselamatan. Terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan promosi keselamatan dan kesehatan kerja (k3) dengan perilaku keselamatan. Diharapkan perusahaan memberi surat peringatan pelanggaran dan sanksi bagi pekerja yang melanggar aturan dan tidak bekerja sesuai dengan aturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, M.Pd, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Promosi kesehatan dan keslamatan (k3), perilaku keselamatan, pekerja produksi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 04 Feb 2021 02:43
Last Modified: 04 Feb 2021 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69417

Actions (login required)

View Item View Item