PENGARUH PEMBERIAN CHEWING GUM TERHADAP MUKOSITIS PADA ANAK KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI INSTALASI RAWAT INAP KEBIDANAN DAN ANAK RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Dewi, Anggraini (2021) PENGARUH PEMBERIAN CHEWING GUM TERHADAP MUKOSITIS PADA ANAK KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI INSTALASI RAWAT INAP KEBIDANAN DAN ANAK RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text
FIX SKRIPSI_DEWI ANGGRAINI B19-dikompresi (1) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mukositis merupakan masalah yang serius bagi anak dengan kanker yang sering terjadi setelah proses kemoterapi. Chewing gum merupakan aktifitas mengunyah permen karet yang bertujuan untuk meningkatkan produksi saliva pada anak yang menderita kanker setelah kemoterapi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian chewing gum terhadap mukositis pada knak Kanker yang menjalani kemoterapi. Desain penelitian ini Quasi Experimental dengan pendekatan pre and post test without control yang telah dilakukan pada 15 responden. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pemberian chewing gum dilakukan dengan memberikan gum xylitol sebanyak 2 keping untuk satu kali pemberian dan di lakukan 3 kali sehari. Pengumpulan data pada responden dengan menggunakan instrumen ChIMES. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan terdapat perbedaan skor mukositis sebelum diberikan intervensi yaitu 11 dan sesudah diberikan intervensi yaitu 4, sertanilai selisih sebesar 7. Sehingga terdapat pengaruh pemberian chewing gum terhadap mukositis pada anak kanker yang menjalani kemoterapi (p=0,001). Perawat dan keluarga dapat mengaplikasikan chewing gum sebagai salah satu metode untuk penatalaksanaan mukositis. Key word : Chewing Gum, Mukositis, Anak Daftar Pustaka : 79 (2010-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, M.Kep, Sp. Kep. An
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:33
Last Modified: 05 Feb 2021 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69342

Actions (login required)

View Item View Item