Studi Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas pada Tipe Jalan Tak Terbagi dengan Klasifikasi Persentase Volume Sepeda Motor

Andree, Alfaroji (0020) Studi Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas pada Tipe Jalan Tak Terbagi dengan Klasifikasi Persentase Volume Sepeda Motor. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
PDF Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tingginya pertumbuhan jumlah kepemilikan sepeda motor didorong oleh kondisi lalu lintas yang padat, serta daya beli masyarakat yang cenderung lebih memilih kendaraan sepeda motor. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat bahwa pada penghujung tahun 2018 jumlah kendaraan sepeda motor mencapai 137.7 juta unit, sedangkan data yang dihimpun oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat sepanjang tahun 2019 terdapat 6.05 juta unit sepeda motor yang tersebar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kecepatan, volume dan kepadatan pada tipe jalan tak terbagi dengan berbagai klasifikasi persentase volume sepeda motor. Jalan Raya Ampang, Jalan Diponegoro dan Jalan Ir. H. Djuanda dipilih menjadi lokasi penelitian. Penilitian dilakukan dengan menggunakan metoda perekaman selama 12 jam, data yang diperoleh akan dikonversi kedalam bentuk hubungan matematis dan grafis dengan menggunakan metoda regresi linear. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan V-S-D yang sesuai pada Jalan Raya Ampang adalah model Greenshield dengan R2 = 0,609, model yang sesuai dengan Jalan Diponegoro adalah model Underwood dengan R2 = 0,944 dan pada ruas Jalan Ir. H. Djuanda model yang sesuai adalah model Greenshield dengan R2 = 0,760. Dari hasil persentase sepeda motor yang didapat, dibentuk menjadi tiga kelas interval yaitu 48-57%, 58-67%, dan 68-77%. Dari analisis yang dilakukan menunjukkan terdapat hubungan antara persentase volume sepeda motor pada ruas jalan tak terbagi dengan parameter karakteristik arus lalu lintas yang ditunjukkan dengan volume maksimum. Kata Kunci : Persentase Sepeda Motor, Kecepatan, Volume, Kepadatan, Model Greenshield, Greenberg, Underwood

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TITI KURNIATI, M.T
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 02 Feb 2021 08:59
Last Modified: 02 Feb 2021 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69194

Actions (login required)

View Item View Item