GAMBARAN KESESUAIAN ERGONOMI KURSI PRAKTIKUM DI LABORATORIUM SENTRAL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN RISIKO KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA MAHASISWA

Muhammad, Habibi Afdal Nasril (2021) GAMBARAN KESESUAIAN ERGONOMI KURSI PRAKTIKUM DI LABORATORIUM SENTRAL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN RISIKO KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA MAHASISWA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ergonomi berperan sebagai suatu penunjang untuk tercapainya proses belajar yang baik dan sebagai salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesehatan. Penggunaan furnitur kelas yang tidak ergonomis dapat menyebabkan munculnya kelelahan dan keluhan muskuloskeletal. Keluhan muskuloskeletal yang berlanjut akan mengakibatkan Musculoskeletal Disorders. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian ergonomi kursi praktikum di Laboratorium Sentral Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan risiko keluhan muskuloskeletal pada mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Kedokteran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 80 orang mahasiswa angkatan 2017 dengan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling. Data ukuran kursi dan antropometri mahasiswa didapat dari pengukuran langsung menggunakan alat ukur meteran dengan satuan sentimeter. Data risiko keluhan muskuloskeletal diperoleh menggunakan instrumen berupa kuesioner Nordic Body Map. Hasil penelitian didapatkan ukuran kursi praktikum dengan rerata tinggi kursi 60,2 cm dan lebar dudukan kursi 29,6 cm. Antropometri mahasiswa dengan rerata jarak tumit-lekuk lutut 41,2 cm dan lebar pinggul 35,7 cm. Tidak terdapat kesesuaian ergonomi kursi praktikum dengan antropometri mahasiswa. Risiko keluhan muskuloskeletal pada mahasiswa berkisar antara risiko rendah sampai sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Julizar, Apt, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, kursi praktikum, risiko keluhan muskuloskeletal
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Feb 2021 08:17
Last Modified: 02 Feb 2021 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69186

Actions (login required)

View Item View Item