TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA SKIMMING YANG DILAKUKAN MELALUI MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI ( ATM ) ( Studi Kasus Putusan No. 282/Pid.Sus/2020/PN.Mks )

Sherly Rahayu, Putri (2021) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA SKIMMING YANG DILAKUKAN MELALUI MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI ( ATM ) ( Studi Kasus Putusan No. 282/Pid.Sus/2020/PN.Mks ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tindak pidana cybercrime telah banyak terjadi di Indonesia, yang baru baru ini terjadi adalah tidak pidana skimming yang dilakukan melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Putusan Nomor 282/Pid.Sus/2020/PN.Mks adalah salah satu contoh kasus tindak pidana skimming yang dilakukan mealui mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimanakah penerapan sanksi pidana terhadap tindak pidana skimming yang dilakukan melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dalam putusan nomor 282/Pid.Sus/2020/PN.Mks ? 2. Bagaimanakah dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana skimming yang dilakukan melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dalam putusan nomor 282/Pid.Sus/2020/PN.Mks?. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan kasus dan pendekatan undang-undang. Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Dokumen. Dari hasil penelitian, Penerapan Pidana dalam putusan Nomor 282/Pid.Sus/2020/PN.MKS telah memenuhi unsur-unsur tindak pidana yang telah terbukti dan meyakinkan bagi Majelis Hakim untuk memvonis para terdakwa dengan Pasal 30 Ayat (2) Jo Pasal 46 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Jo Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo. Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Dasar pertimbangan hakim pada perkara Nomor 282/Pid.Sus/2020/PN.Mks terdiri dari 2 (dua) yaitu pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis. Dalam hal ini Majelis Hakim mempertimbangkan penjatuhan sanksi pidana berdasarkan tuntutan jaksa penuntut umum yang sanksi pidana nya relatif ringan dibandingkan dengan peraturan yang seharusnya. Dan juga putusan perkara tersebut tidak sesuai dengan teori tujuan pemidanaan dan teori keadilan dalam hukum pidana. Kata Kunci: Cyber Crime, Putusan Hakim, Skimming

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Zurnetti, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:20
Last Modified: 03 Feb 2021 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69172

Actions (login required)

View Item View Item