PENGARUH PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA PADANG

Oki, Fajrika Ilham (2021) PENGARUH PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text
TA FULL OKI FAJRIKA ILHAM 1610943010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Kota Padang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi penularan Covid-19 pada masa pandemi. Akibatnya aktivitas masyarakat banyak dilakukan dari rumah dengan Work from Home (WfH) dan Study from Home (SfH). Hal ini akan berdampak terhadap pengelolaan sampah yang terdiri dari pengurangan sampah dengan metode 3R dan penanganan sampah yang meliputi pemilahan, pewadahan, pengumpulan, dan pengolahan sampah di rumah tangga. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh PSBB saat pandemi Covid-19 terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Padang. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data primer berupa pengisian kuisioner online melalui google form kepada 140 rumah tangga di Kota Padang yang dibagi berdasarkan tingkat pendapatan yaitu rumah tangga golongan high income (HI), medium income (MI) dan low income (LI). Data yang dikumpulkan meliputi perkiraan timbulan dan komposisi sampah serta pengelolaan sampah yang dilakukan responden sebelum dan saat diberlakukannya PSBB di Kota Padang. Penelitian dilakukan pada Bulan April-Juni 2020. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan pengelolaan sampah pada rumah tangga golongan HI dan MI saat diberlakukannya PSBB di Kota Padang. Kegiatan pengurangan sampah yang mengalami peningkatan adalah kegiatan pembelian barang dalam kemasan besar, sehingga dapat mereduksi jumlah sampah dan kegiatan penggunaan wadah sendiri secara berulang-ulang. Kegiatan penanganan sampah yang mengalami peningkatan adalah kegiatan pemilahan sampah di sumber sebesar 12,05% pada golongan HI dan 10% pada golongan MI, kegiatan pengumpulan sampah 2—3 hari sekali sebesar 14,08% pada golongan HI, dan 10% pada golongan MI, serta kegiatan pengomposan sebesar 12,05% pada golongan HI dan 8% pada golongan MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenni Ruslinda., M.T
Uncontrolled Keywords: pandemi Covid-19, pengelolaan sampah, PSBB, sampah rumah tangga, Kota Padang
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:41
Last Modified: 01 Feb 2021 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68930

Actions (login required)

View Item View Item