Studi Etnobotani Tumbuhan yang Digunakan dalam 3 Jenis Masakan Khas di Desa Talago Gunung dan Desa Rantih Kota Sawahlunto, Sumatera Barat

Ratna, Yunita (2020) Studi Etnobotani Tumbuhan yang Digunakan dalam 3 Jenis Masakan Khas di Desa Talago Gunung dan Desa Rantih Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Sawahlunto dijuluki sebagai Kota Wisata Tambang Multi Etnik yang Berbudaya. Keberagaman budaya, adat-istiadat dan sejarahnya mengakibatkan bervariasinya jenis makanan sehingga Kota Sawahlunto ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Budaya Dunia pada 5 Juli 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aspek etnobotani tiga macam masakan khas yaitu Ayam Bungo Jua, Udang Kasambi dan Gulai Ayam Talanjao. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret-Juli 2020 di desa Talago Gunung dan Rantih dengan menggunakan metode survey. Data dianalisis menggunakan perhitungan nilai manfaat (Use Value) dan Indeks Kepentingan Budaya dari Tumbuhan yang dimakan (Cultural Food Significance Index). Tumbuhan dikoleksi langsung di lapangan kemudian dilanjutkan identifikasi tumbuhan di Herbarium ANDA, Universitas Andalas, Padang. Total spesies yang ditemukan pada ketiga macam masakan yaitu 18 spesies dari 13 famili tumbuhan. Analisis nilai manfaat yang tertinggi terdapat pada Allium cepa L., UVs=2,06 sebagai tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan. Sedangkan analisis Indeks Kepentingan Budaya dari Tumbuhan yang dimakan (CFSI) dengan nilai tertinggi terdapat pada tiga spesies tumbuhan yaitu Allium cepa L., Allium sativum L., dan Capsicum annuum L. dengan nilai masing-masing, CFSI=128,25. Nilai ini menunjukkan bahwa ketiga tumbuhan tersebut dari segi budaya termasuk kedalam kategori dengan kepentingan yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nurainas
Uncontrolled Keywords: CFSI, Masakan Khas, Nilai Manfaat, Sawahlunto, Studi Etnobotani.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:32
Last Modified: 01 Feb 2021 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68896

Actions (login required)

View Item View Item