HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUNGAI PISANG KOTA PADANG

nurul, hafiyya (2020) HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUNGAI PISANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 penutup.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sungai Pisang merupakan daerah rural yang memiliki kondisi lingkungan masih tercemar oleh kotoran hewan ternak. Lingkungan yang tercemar ini dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama jika masih menerapkan PHBS yang buruk. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani. Penerapan PHBS yang buruk dapat menurunkan kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tingkat kebugaran jasmani pada siswa Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Pisang, Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional dan menggunakan semua populasi yang berjumlah 78 orang sebagai sampel (total sampling). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret - Desember 2020. Variabel bebas adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan variabel terikat adalah tingkat kebugaran jasmani. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95% atau nilai p<0,05. Hasil penelitian didapatkan persentase Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) lebih tinggi didapatkan pada PHBS yang baik sebesar 54,9% dan tingkat kebugaran jasmani lebih tinggi didapatkan pada tingkat kurang baik sebesar 53,6%. Uji statistik dengan uji chi-square antara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tingkat kebugaran jasmani didapatkan nilai p = 0,023. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tingkat kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Lili Irawati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kebugaran jasmani, siswa Sekolah Dasar.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:19
Last Modified: 27 Jan 2021 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68461

Actions (login required)

View Item View Item