Hubungan Paparan Asap Rokok dari Anggota Keluarga dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Pisang

Nanda, Afila Gusira (2020) Hubungan Paparan Asap Rokok dari Anggota Keluarga dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Pisang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Paparan asap rokok masih sangat tinggi di Indonesia. Larangan merokok ditempat umum menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman untuk merokok. Anak-anak merupakan korban dan menjadi perokok pasif yang akan mempengaruhi kerentanan terhadap fungsi pasru-paru, serta dapat mempengaruhi kerentanan terhadap infeksi dan fungsi paru-paru serta dapat mempengaruhi kebugaran jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan paparan asap rokok dari anggota keluarga dengan tingkat kebugaran jasmani anak sekolah. Kami melakukan studi cross-sectional pada 42 anak sekolah. Kami menilai paparan asap rokok menggunakan kuisioner International Study of Asthma and Allergies in Childhood (ISAAC), pengukuran kebugaran jasmani menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan hubungan keduanya dianalisis dengan uji korealasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa separuh (54,8%) anak sering terpapar asap rokok (skor ISAAC 7,69). Tingkat kebugaran jasmani rata-rata anak sekolah rendah (12,78±3,06[rata-rata±SD). Tidak terdapat hubungan antara paparan asap rokok dari anggota keluarga dengan tingkat kebugaran jasmani (Pearson r=-0,002; p=0,988). Kami menyimpulkan bahwa paparan asap rokok keluarga tidak berhubungan dengan kebugaran jasmani anak sekolah, perlu dipelajari lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Miftah Irrahmah, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Anak Sekolah, Kebugaran Jasmani, Keluarga, Paparan. Perokok Pasif.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jan 2021 03:38
Last Modified: 25 Jan 2021 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68205

Actions (login required)

View Item View Item