UJI AKTIVITAS ANTI AGING SEDIAAN KRIM BERBAHAN AKTIF KOMBINASI EKSTRAK FIKOSIANIN Spirulina platensis DAN VCO (Virgin Coconut Oil)

Mahkfira, Ramadhanti (0020) UJI AKTIVITAS ANTI AGING SEDIAAN KRIM BERBAHAN AKTIF KOMBINASI EKSTRAK FIKOSIANIN Spirulina platensis DAN VCO (Virgin Coconut Oil). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5. Penutup)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penuaan kulit adalah masalah estetika utama bagi manusia. Sinar matahari merupakan penyebab utama terjadinya aging/panuaan pada kulit. Mikroalga Spirulina platensis memiliki pigmen Fikosianin yang dipercaya memiliki aktivitas antioksidan yang dapat mencegah terjadinya oksidasi oleh radikal bebas. VCO telah dikenal sebagai pelembab kulit alami yang mampu mencegah kerusakan jaringan, memberikan perlindungan terhadap kulit dan memberi tekstur halus dan lembut pada kulit. Tujuan dari penelitian ini dalah mengetahui potensi fikosianin dan VCO sebagai bahan aktif krim sebagai anti aging dilihat dari nilai antioksidan dan tabir surya yang didapatkan. Spirulina platensis di kultur dalam media pupuk. Ekstraksi fikosianin mengenakan buffer fosfat pH 7. Identifikasi fikosianin dilakukan dengan mengunakan alat spektrofotometer UV-Vis. Analisa aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH. Krim dibuat dengan perbandingan kandungan bahan aktif fikosianin dan VCO yang berbeda dan produk krim yang dihasilkan dilakukan evaluasi fisik berupa organoleptik, pH krim, homogenitas dan tipe krim yang mengacu kepada SNI dan departemen kesehatan RI. Penentuan aktivitas tabir surya dilihat dari nilai SPF, % Te dan % Tp yang terkandung pada masing-masing krim. VCO memiliki antivitas antioksidan yang kuat yakni IC50 : 66,246 mg/L sedangkan fikosianin memiliki nilai yang lebih besar yakni 97,533 mg/L namun masih dalam kategori antioksidan kuat. Aktivitas tabir surya pada masing masing krim tergolong sama karena hasil yang didapatkan tidak jauh beda. Ketiga sedian tergolong proteksi minimal dilihat dari nilai SPF dan termasuk sunblock untuk UV-B namun tidak mempu melindung kulit dari sinar UV-A. Krim yang memiliki aktivitas tabir surya terbaik adalah krim A yang memiliki nilai SPF 2,6169 dan %Te 0,5668.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sumaryati Syukur
Uncontrolled Keywords: Fikosianin, VCO, anti aging, antioksidan, tabir surya
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:42
Last Modified: 20 Jan 2021 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68036

Actions (login required)

View Item View Item