PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK KOMODITAS KELAPA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Bob, Ikhsan Nugraha (2020) PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK KOMODITAS KELAPA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komoditas kelapa merupakan komoditas potensial di Kabupaten Padang Pariaman. Akan tetapi, terdapat permasalahan yaitu kecilnya nilai tambah yang didapat oleh petani kelapa, pemasaran yang belum optimal serta kurangnya akses pasar dari petani dan Industri Kecil Menengah (IKM). Permasalahan ini berdampak pada nilai tambah dari rantai nilai komoditas kelapa yang lebih banyak dinikmati oleh pihak yang berada diluar kawasan petani kelapa dan IKM. E-Commerce merupakan pemanfaatan internet guna menjangkau akses pasar. E-Commerce juga dapat menghubungkan konsumen dengan produsen secara langsung. Maka dari itu, E-Commerce dapat meningkatkan akses pasar dengan mengembangkan kawasan petani kelapa dan IKM untuk dapat secara langsung menjangkau konsumen tanpa harus melewati pihak lain di dalam kawasan rantai nilai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis web guna menyelesaikan permasalahan yang ada.. Metode yang digunakan untuk perancangan sistem E-Commerce ini adalah metode pengembangan SDLC serta prosesaperancanganamenggunakanabahasaapemogramanaPHP. Hasil penelitian ini berupa rancangan sistem pemasaran kelapa dan VCO yang mampu mengembangkan kawasan rantai nilai kelapa dan VCO Kabupaten PadangaPariaman.aHal ini membuat petani kelapa dan IKM VCO dapat langsung menjual produk kepada konsumen sehingga petani dan IKM VCO memiliki akses tambahan untuk menjual produk ke pasaran tanpa harus menjual ke pedagang ataupun pengepul terlebih dahulu. E-Commerce yang dirancang memiliki pasar kelapa dan VCO tersendiri sehingga menambah pilihan jalur akses penjualan serta E-Commerce mempermudah penjualan kelapa butiran dan VCO dengan informasi aktual kapasitas kelapa butiran dan VCO dan kemampuan menyajikan data harga penjualan. Perancangan E-Commerce memberikan informasi dan juga sebagai media promosi bagi petani dan IKM. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan E-Commerce mampu meningkatkananilaiatambah bagi petani kelapa dan IKM di dalam rantai nilai kelapa dan VCO KabupatenaPadangaPariaman. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah informasi yang disajikan sebaiknya tidak terbatas dari sistem yang dirancang saat ini saja, namun hendaknya juga mampu bekerja sama dengan pihak jasa pengiriman untuk fitur tracking pengiriman barang, serta pihak bank dan aplikasi pembayaran digital untuk mempermudah proses transaksi. Sistem yang dirancang juga dapat dikembangkan dengan memfasilitasi pembeli yang ingin melakukan pengembalian produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Difana Meilani, MISD
Uncontrolled Keywords: komoditas kelapa, e-commerce, rantai nilai
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:20
Last Modified: 14 Jan 2021 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67793

Actions (login required)

View Item View Item