ANALISIS MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL COMPETENCY OUTCOMES AND PERFORMANCE ASSESSMENT (COPA) DIRUMAH SAKIT ISLAM KOTA PADANG

M., Adharudin (2020) ANALISIS MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL COMPETENCY OUTCOMES AND PERFORMANCE ASSESSMENT (COPA) DIRUMAH SAKIT ISLAM KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7 kesimpulan dan saran)
BAB 7 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
Tesis Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pelayanan rumah sakit adalah penilaian pelayanan yang diperoleh dari pasien dengan biaya efisien dan hasil dari kinerja organisasi rumah sakit. Persaingan pasar bebas menuntut kita meningkatkan mutu disemua bidang terutama dipelayanan kesehatan agar diakui secara internasional, fenomena masyarakat lebih memilih berobat ke luar negeri menjadi tantangan besar dalam peningkatan mutu pelayanan dirumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan rumah sakit menggunakan pendekatan model Competency Outcomes and Performance Assessment (COPA) di rumah sakit islam Kota Padang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 325 pasien rawat inap. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan antara pengajaran dan integrasi ilmu pengetahuan dengan mutu pelayanan (p=0,006-0,031). Sementara assessment dan intervensi (0,442), komunikasi (0,787), berpikir kritis (0,442), human caring dan relasi sosial (0,109), manajemen (0,057), dan kepemimpinan (0,085) merupakan variabel yang tidak ada hubungan dengan mutu pelayanan rumah sakit. Variabel yang paling dominan mempengaruhi mutu pelayanan adalah pengajaran (0,304). Penelitian ini merekomendasikan untuk terus meningkatkan mutu pelayanannya dan mensosialisasikan tentang pentingnya peningkatan mutu pelayanan kepada perawat rawat inap maupun petugas yang berkerja dirumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Model Competency Outcomes and Performance Assessment (COPA).
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:42
Last Modified: 14 Jan 2021 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67790

Actions (login required)

View Item View Item