ANALISIS DANA PERIMBANGAN UNTUK MENGATASI KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI INDONESIA

Sirait, Naslindo (2021) ANALISIS DANA PERIMBANGAN UNTUK MENGATASI KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (bab i)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (bab v)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (dapus)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Disertasi Full Text)
disertasi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki dua dekade perjalanan Desentralisasi Fiskal di Indonesia, yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan otonomi daerah sesuai kewenangannya, dan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antar daerah di Indonesiaterutama peningkatan pelayanan dasar, melalui kebijakan Dana Perimbangan. Kurun waktu tersebut perlu dilihat apakah tujuan kebijakan tersebut sudah tercapai? Karena itu penelitian ini bertujuan : 1) Menganalisis ketimpangan pendapatan antar provinsi di Indonesia; 2) Menganalisis ketimpangan pelayanan dasar antar provinsi di Indonesia; 3) Menganalisis pengaruh Dana Perimbangan terhadap ketimpangan pendapatan antar provinsi di Indonesia; 4) Menganalisis pengaruh Dana Perimbangan ketimpangan pelayanan dasar antar provinsi di Indonesia; dan penelitian ini akan merekomendasikan rumusan implikasi kebijakan Dana Perimbangan yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketimpangan sosial-ekonomi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dari 33 Provinsi di Indonesia tahun 2010-2019. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis deskriptif ketimpangan pendapatan antar provinsi menggunakan Indeks Theil dan untuk analisis ketimpangan pelayanan dasar menggunakan Koefisein Variasi. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan analisis regresi data panel untuk melihat pengaruh Dana Perimbangan terhadap ketimpangan pendapatan dan ketimpangan pelayanan dasar antar provinsi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) ketimpangan antar wilayah masih tergolong tinggi, dan ketimpangan antar wilayah disebabkan pengaruh terbesar dari luar provinsi daripada pengaruh yang berasal dari dalam provinsi; 2) Ketimpangan pemberian pelayanan dasar masih tergolong tinggi, terutama pelayanan dasar di bidang pendidikan, akses air bersih layak, akses sanitasi layak dan kemiskinan, sementara pembangunan dibidang kesehatan sudah terjadi pemerataan; 3) DBH bengaruh positif signifikan terhadap ketimpangan pendapatan antar provinsi, DAU dan DAK berpengaruh negatif signifikan pengaruhnya terhadap ketimpangan ekonomi antar provinsi; 4) Pengaruh DBH berpengaruh positif signifikan terhadap ketimpangan variasi Rata-Rata Lama Sekolah, DAU berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan variasi Akses Sanitasi Layak, DAK berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan variasi Akses Air Minum Layak dan variasi Sanitasi Layak. Sementara untuk ketimpangan variasi Angka Harapan Hidup dan ketimpangan variasi Tingkat Kemiskinan tidak ada satu pun dari komponen Dana Perimbangan yang pengaruhnya signifikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Dr. Hefrizal Handra, M.Soc, Sc
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Pendapatan Antar Wilayah, Theil Indeks, Koefisen Variasi, Dana Perimbangan, Pelayanan Dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:33
Last Modified: 07 Jan 2021 06:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67431

Actions (login required)

View Item View Item