STUDI KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN RESIKO KECELAKAAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR - (STUDI KASUS - MAHASISWA)

Mike, Putri Ramadani (2020) STUDI KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN RESIKO KECELAKAAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR - (STUDI KASUS - MAHASISWA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK Mike.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (bab I)
BAB 1 Mike.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (bab v)
09. BAB V Mike.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (dapus)
Daftar Pustaka mike.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (tugas akhir full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh Mike Putri Ramadani (1510921067).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor terbanyak di dunia. Bedasarkan data yang tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2011 adalah 68 juta kendaraan dan pada tahun 2016 tercatat bahwa kepemilikan kendaraan bermotor sebanyak 129 juta dengan 105 juta adalah kendaraan sepeda motor. Ada berbagai kemungkinan faktor – faktor yang dapat menjadi penyebab dari berbagai perilaku pengendara seperti kebiasaan yang dilakukan sehari – hari. Contohnya dalam menonton film yang bertema memacu adrenalin. Hal tersebut melatarbelakangi penulis dalam melakukan penelitian ini apakah karakteristik individu dapat menjadi faktor penyebab seseorang mengalami kecelakaan saat berkendara. Dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor kepribadian, aspek individu (seperti umur dan zodiak) dan kebiasaan pengemudi yang diduga menjadi faktor pemicu terjadinyanya kecelakaan dan tujuan lainnya adalah mengidentifikasi pengemudi yang beresiko berdasarkan kepribadian, aspek individu, dan kebiasaan. Data yang didapat dari survey kuesioner online dengan menggunakan pendekatan psikologi yang HEXACO. Dari hasil kuesioner tersebut data dievaluasi dan dilakukan uji analisa faktor dan tabulasi silang dengan menggunakan aplikasi Statistical Package for social Sciences (SPSS). Dari hasil analisa faktor dapat diketahui bahwa untuk aspek individu dan kebiasaan dengan pengalaman dalam kecelakaan dapat membentuk 5 faktor analisis dengan 9 variabel yang dapat digunakan untuk analisa lajutan yaitu variabel umur, zodiak, jenis kelamin, genre music favorit, makanan favorit, minuman favorit, pertama kali mengemudi, kecendrungan saat berkendara dan Penyebab kecelakaan yang pernah saya alami sedangkan untuk kepribadian dengan pengalaman dalam kecelakaan dapat membentuk 4 faktor analisis dengan ada 8 variabel yang dapat digunakan untuk analisa lajutan yaitu variabel agreeableness, conscientioness, neuroticism, oppeness to experience, pertama kali mengemudi, kecepatan rata-rata saya saat berkendara dan penyebab kecelakaan yang pernah saya alami . Untuk hasil analisa tabulasi silang menunjukan bahwa umur, zodiak, jenis kelamin, sifat kepribadian extraversion dan conscientiouness memiliki hubungan yang signifikan dengan pengalaman pengemudi dalam kecelakaan yaitu umur menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecelakaan terparah yang pernah pengemudi (mahasiswa di kota Padang) alami selama mengemudi, zodiak menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada Jumlah kecelakaan yang pernah didalami, jenis kelamin menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan rata-rata mahasiswa saat berkendara dan kecendrungan mahasiswa saat berkendara, sifat extraversi (extraversion) menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penyebab kecelakaan yang pernah alami pengendara, dan sifat berhati – hati (conscientiouness) menjadi faktor yang mempengaruhi Kecendrungan mahasiswa saat berkendara dan Jumlah kecelakaan yang pernah didalami oleh mahasiswa di kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yosritzal, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Individu, Agrressive Driving, Pengemudi Beresiko, Kecelakaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:49
Last Modified: 07 Jan 2021 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67397

Actions (login required)

View Item View Item