Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Digital Eye Strain (DES) Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas Tahun 2020

Khoridatul, Hasindah (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Digital Eye Strain (DES) Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Full Paper Skripsi)
FULL PAPER SKRIPSI KHORIDATUL HASINDAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Digital eye strain (DES) atau computer vision syndrome (CVS) merupakan sekelompok masalah mata dan penglihatan yang dihasilkan dari penggunaan komputer, tablet, e-reader dan telepon seluler yang berkepanjangan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di FKM Unand terdapat 16 dari 20 orang mahasiswa yang mengalami keluhan DES. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan digital eye strain pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Oktober 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang mahasiswa FKM Unand. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportionate stratified simple random sampling. Data diolah dengan SPSS dan dianalisis dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,5% mahasiswa mengalami keluhan DES, 84,4% memiliki jenis kelamin perempuan, 38,5% memiliki usia > median (21 tahun), 41,7% menggunakan perangkat digital selama > 8 jam dalam sehari, 74% tidak melakukan istirahat mata dan 41,7% menggunakan kacamata. Terdapat hubungan penggunaan kacamata (0,000) dengan keluhan DES dan tidak ada hubungan jenis kelamin (0,611), usia (0,787), lama penggunaan perangkat digital (0,521) dan istirahat mata (0,307) dengan keluhan DES. Penggunaan kacamata memiliki hubungan yang bermakna dengan keluhan DES. Disarankan kepada mahasiswa untuk melakukan pemeriksaan mata secara berkala agar dapat menggunakan kacamata dengan koreksi yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Septia Pristi Rahmah, SKM., MKM
Uncontrolled Keywords: DES, jenis kelamin, usia, lama penggunaan, istirahat mata, kacamata
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:30
Last Modified: 14 Jan 2021 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67392

Actions (login required)

View Item View Item