Pengaruh Sumber Nitrogen Diamonium Fosfat dan Urea Terhadap Kandungan Poli (3-Hidroksibutirat) dengan Sumber Karbon Jerami Padi Menggunakan Bakteri Bacillus thuringiensis UAAC 21802

Meflihelda, Nesvita (2020) Pengaruh Sumber Nitrogen Diamonium Fosfat dan Urea Terhadap Kandungan Poli (3-Hidroksibutirat) dengan Sumber Karbon Jerami Padi Menggunakan Bakteri Bacillus thuringiensis UAAC 21802. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Poli (3-hidroksibutirat) adalah bahan bioplastik yang dapat disintesis dari bakteri sehingga dapat digunakan untuk pengganti plastik sintetis karena kemampuannya mudah terurai secara hayati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi sumber nitrogen terhadap jumlah biomassa yang dihasilkan dan kandungan P(3HB) oleh bakteri Bacillus thuringiensis UAAC 21802. Sumber nitrogen yang digunakan yaitu diamonium fosfat dengan konsentrasi 0,1; 0,6; 1,1 g/L dan urea dengan konsentrasi 0,045; 0,272; 0,499 g/L. Proses fermentasi dilakukan dalam labu Erlenmeyer 250 mL yang berisi masing-masing 100 mL media menggunakan alat rotary shaker incubator pada temperatur 30 °C, kecepatan 200 rpm dan pH media 7 dengan waktu inkubasi 24; 36; dan 48 jam kemudian disentrifugasi untuk memisahkan biomassa dan supernatannya. Jumlah biomassa dianalisis dengan menggunakan metode gravimetri dan kandungan P(3HB) di dalam biomassa ditentukan dengan alat kromatografi gas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA (p=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dan lama inkubasi berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap bobot biomassa. Urea dan diamonium fosfat dapat digunakan sebagai sumber nitrogen dan jerami padi sebagai sumber karbon alternatif untuk produksi P(3HB) oleh isolat bakteri Bacillus thuringiensis UAAC 21802 . Kata kunci: diamonium fosfat, urea, jerami padi, Bacillus thuringiensis, poli(3-hidroksibutirat)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. apt. Muslim Suardi
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:02
Last Modified: 04 Jan 2021 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67330

Actions (login required)

View Item View Item