EFEK STIMULASI PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK BALITA STUNTING DI NEGARA MIDDLE-INCOME : SEBUAH TINJAUAN NARATIF

Rana, Anasya Taqy (2020) EFEK STIMULASI PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK BALITA STUNTING DI NEGARA MIDDLE-INCOME : SEBUAH TINJAUAN NARATIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (Bab Penutup)
bab penutup.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya stimulasi psikososial untuk meningkatkan perkembangan motorik terkhusus pada balita yang menderita stunting. Stunting merupakan salah satu permasalahan dunia. Pada 2018, prevalensi stunting didunia adalah 22%. Keadaan stunting dapat mempengaruhi perkembangan motorik balita. Jenis studi literatur ini adalah tinjauan naratif. Artikel akan dipilih jika artikel tersebut memenuhi kriteria PICO (P = Balita stunting, I = Diberi stimulasi psikososial, C = Tidak diberi stimulasi psikososial, O = Perkembangan motorik). Artikel yang dipilih berasal dari 4 database yaitu DOAJ, Pubmed, ProQuest, dan Google Scholar dengan batasan tahun 2010-2020. Data dari artikel akan diekstraksi dan dimasukan kedalam matrix sintesis. Artikel yang didapatkan sebanyak 9 artikel yaitu 8 artikel Randomized Controlled Trial (RCT) dan 1 artikel Non-RCT. Hasil dari studi literatur ini adalah sebanyak 3 artikel menyatakan bahwa terdapat efek yang signifikan dari stimulasi psikososial terhadap perkembangan motorik balita stunting dan 6 artikel menyatakan bahwa tidak terdapat efek yang signifikan dari stimulasi psikososial terhadap perkembangan motorik balita stunting. Kesimpulan dari studi literatur ini adalah intervensi stimulasi psikososial dapat memiliki efek signifikan maupun tidak terhadap perkembangan motorik balita stunting, hal tersebut dipengaruhi oleh metode maupun hasil dari artikel. Perlunya peningkatan pengetahuan ibu mengenai perkembangan anak sehingga dapat memberi stimulasi psikososial dengan kualitas yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Amel Yanis, Sp.KJ (K)
Uncontrolled Keywords: stimulasi psikososial, stimulasi, perkembangan motorik, stunting
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:14
Last Modified: 30 Dec 2020 03:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67237

Actions (login required)

View Item View Item