PENGARUH PEMBERIAN PRE-TREATMENT RAMIPRIL TERHADAP EKSPRESI SUPEROKSIDA DISMUTASE 1 PADA TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus ) YANG DIINDUKSI ISOPROTERENOLSEBAGAI MODEL INFARK MIOKARD

siti, hawa (2020) PENGARUH PEMBERIAN PRE-TREATMENT RAMIPRIL TERHADAP EKSPRESI SUPEROKSIDA DISMUTASE 1 PADA TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus ) YANG DIINDUKSI ISOPROTERENOLSEBAGAI MODEL INFARK MIOKARD. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SOD1 merupakan gen yang mengkode pembentukan protein superoksida dimutase 1 yang mengkatalisasi perubahan radikal superoksida menjadi molekul oksigen dan hidrogen peroksida. Ramipril merupakan salah satu obat golongan ACE Inhibitor yang memiliki efek protektif terhadap antioksidan dan jaringan jantung, meningkatkan produksi NO dan mengurangi ekspresi ROS. Penelitian inibertujuan untuk menentukan pengaruh pemberian pre-treatment ramipril terhadap ekspresi SOD1 pada tikus wistar (Rattus Novergicus) yang diinduksi isoproterenol sebagai model infark miokard. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan design posttest-only control designyang menggunakan 12 hewan coba yang dibagi menjadi 2 kelompok uji, yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol diberi NaCl 0.9% dan kelompok perlakuan diberi pre-treatment ramipril dengan dosis 3mg/KgBB selama 7 hari berturut turut. Selanjutnya 2 kelompok akan diinjeksi isoproterenol dengan dosis 85mg/KgBB subkutan pada hari ke 8 dan 9. Pemeriksaan ekspresi relatif SOD1 dilakukan dengan Real Time PCR. Data penelitian akan dianalisis dengan uji T-Independent. Rerata ekspresi relatif SOD1 kelompok perlakuan lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Rerata ekspresi relatif kelompok kontrol 0.0176± 0.0079 dan kelompok perlakuan 0.0358±0.0247. tidak didapatkan pengaruh signifikan antara kelompok kontrol dengan perlakuan (p>0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh signifikan pemberian pre treatment ramipril terhadap ekspresi SOD1 pada tikus wistar (Rattus Novergicus) yang diinduksi isoproterenol sebagai model infark miokard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Gestina Aliska, Sp.FK
Uncontrolled Keywords: SOD1, Ramipril, ACE inhibitor, ROS, Infark Miokard.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:41
Last Modified: 04 Jan 2021 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67228

Actions (login required)

View Item View Item