Hubungan Faktor Budaya Keselamatan Dengan Perilaku Keselamatan Pekerja Rig PT. Asrindo Citraseni Satria Duri-Riau Tahun 2020

Annisa, Annisa (2020) Hubungan Faktor Budaya Keselamatan Dengan Perilaku Keselamatan Pekerja Rig PT. Asrindo Citraseni Satria Duri-Riau Tahun 2020. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK WATERMARK.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (skripsi full teks)
SKRIPSI FULL ANNISA FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap pekerjaan memiliki risiko bahaya yang dapat menyebabkan penyakit dan kecelakaan kerja. Untuk mencegah risiko bahaya tersebut perlunya dilakukan promosi budaya keselamatan kepada pekerja. Selama 3 tahun terakhir tercatat 36 kasus kecelakaan kerja terjadi di PT. Asrindo Citraseni Satria Duri-Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor budaya keselamatan dengan perilaku keselamatan pekerja bagian rig PT. Asrindo Citraseni Satria Duri-Riau Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari-September 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang pekerja rig PT. Asrindo Citraseni Satria Duri-Riau. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS dan dianalisis dengan uji statistik Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% pekerja memiliki perilaku keselamatan yang kurang baik. Terdapat hubungan yang bermakna antara komitmen top management (p-value=0,000), prosedur K3 (p-value=0,002) dan lingkungan kerja (p-value=0,006) dengan perilaku keselamatan. Terdapat hubungan antara faktor budaya keselamatan dengan perilaku keselamatan. Disarankan kepadan perusaahaan untuk meningkatkan pengawasan, memaksimalkan pelatihan, meningkatkan pelaksanaan peraturan, menambah rambu K3 dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si, Apt., M.Sc
Uncontrolled Keywords: budaya keselamatan, perilaku keselamatan, pekerja rig
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Dec 2020 04:10
Last Modified: 28 Dec 2020 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67164

Actions (login required)

View Item View Item