STUDI PENGARUH DIMENSI KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK IRINGAN KENDARAAN DI JALAN ARTERI PRIMER

Hilma, Firdaus (2020) STUDI PENGARUH DIMENSI KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK IRINGAN KENDARAAN DI JALAN ARTERI PRIMER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Iringan kendaraan terjadi karena adanya beda karakteristik kendaraan dan perilaku yang melintas di ruas jalan. Volume kendaraan yang tinggi dan klasifikasi kendaraan yang berbeda menyebabkan terjadinya iringan kendaraan. Karakteristik yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tersebut, yaitu kecepatan rata-rata, headway rata-rata dan jumlah kendaraan dalam iringan kendaraan. Perbedaan karakteristik kendaraan termasuk dimensi kendaraan yang berada paling depan akan mempengaruhi karakteristik dari iringan kendaraan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kendaraan paling depan (platoon leader) dalam iringan kendaraan terhadap karakteristik iringan kendaraan. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Lubuk Alung-Simpang Duku Km 32 pada satu hari libur dan satu hari kerja dengan menggunakan kamera. Pengolahan data dilakukan dengan Stop Program dan Microsoft Excel untuk mendapatkan nilai kecepatan, headway dan panjang platoon. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Dimensi kendaraan mobil penumpang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecepatan rata-rata dalam iringan kendaraan, sedangkan dimensi kendaraan mobil angkutan barang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan rata-rata dalam iringan kendaraan; Dimensi kendaraan mobil penumpang dan mobil angkutan barang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap headway rata-rata dalam iringan kendaraan; Dimensi kendaraan mobil penumpang dan dimensi kendaraan mobil angkutan barang pada hari libur tidak berpengaruh secara signifikan terhadap panjang platoon rata-rata dalam iringan kendaraan, sedangkan dimensi kendaraan mobil angkutan barang pada hari kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap panjang platoon rata-rata dalam iringan kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Bayu Martanto Adji, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Platoon Leader, Kecepatan, Headway, Panjang Platoon,Dimensi Kendaraan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:18
Last Modified: 07 Dec 2020 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66631

Actions (login required)

View Item View Item