PERSUASIVE UTTERANCES IN SELECTED ENGLISH ADVERTISEMENT VIDEOS ON ‘INDONESIA.TRAVEL’ YOUTUBE CHANNEL

Siti, Mardiyah (2020) PERSUASIVE UTTERANCES IN SELECTED ENGLISH ADVERTISEMENT VIDEOS ON ‘INDONESIA.TRAVEL’ YOUTUBE CHANNEL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstract)
i. cover and abstract.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
ii. BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB 4 Penutup)
iii. BAB 4 penutup.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
iv. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (skripsi full text)
Full skripsi- Siti Mardiyah .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ujaran persuasif dalam iklan video bahasa Inggris dibahas dalam skripsi ini. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi ujaran mode persuasif (modes of persuasion) dan strategi persuasif yang digunakan dalam saluran YouTube Indonesia.Travel. Penelitian ini mengacu pada mode retorika persuasif klasik yang dikemukakan oleh Aristoteles (2008) dan strategi persuasif yang dikemukakan oleh Johnstone (2008) untuk mengungkap ujaran persuasif yang digunakan dalam video tersebut. Dari 256 video yang telah dimuat pada Indonesia.Travel, 10 video dipilih sebagai sumber data. Sepuluh video tersebut menggunakan bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan metode nonpartisipan (Mills et al., 2010) penelitian ini ditemukan 38 ujaran persuasif yang digunakan oleh penutur. Mode persuasif yang digunakan oleh penutur yaitu patos dan logos. Mode persuasif patos paling dominan ditemukan dengan persentase 92%. Selain itu, ada tiga strategi persuasif yang ditemukan, yaitu: 1) kuasilogis ditemukan dalam 3 tuturan (8%), 2) presentational ditemukan dalam 33 tuturan (87%), dan 3) repetisi dalam 2 tuturan (5%). Dengan demikian strategi presentasional paling dominan ditemukan dengan persentase 87%. Dengan demikian, patos dan presentasional paling banyak digunakan oleh penutur. Presentational digunakan untuk menekanan suatu ujaran, salah satunya dengan repetisi dan ritme digunakan untuk membuat aliran kata ataupun suara dari penutur menjadi menarik untuk para pendengarnya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa patos dan presentational digunakan ketika penutur ingin membujuk pendengarnya dengan menargetkan perasaan dan emosinya. Berdasarkan hasil penelitian, mode dan strategi persuasif merupakan area penelitian yang menarik untuk diungkap oleh peneliti-peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sawirman, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Indonesia.travel, mode persuasif, strategi persuasif, ujaran persuasif
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:10
Last Modified: 02 Dec 2020 02:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66422

Actions (login required)

View Item View Item