KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DIKALANGAN REMAJA NAGARI KOTO VIII PELANGAI KEC.RANAH PESISIR KAB. PESISIR SELATAN

ANDHIKA, PRAMANA PUTRA (2020) KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DIKALANGAN REMAJA NAGARI KOTO VIII PELANGAI KEC.RANAH PESISIR KAB. PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK-daftar tabel.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena bermain game online dikalangan remaja merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Munculnya game online telah menimbulkan risiko baru bagi remaja, yakni risiko kecanduan. Berdasarkan dari latar belakang masalah, peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan ini karena sudah memberikan banyak dampak yang tidak baik untuk anak remaja, khusunya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori perbedaan pergaulan (differential association) yang dikemukakan oleh Edwin Sutherland. Pendekatan metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi non-partisipan dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Dari penelitian ini ditemukan bentuk perilaku menyimpang remaja akibat kecanduan game online seperti bolos sekolah, berkata kotor, pornografi dan narkoba, perjudian, malas, serta suka berbohong. Dari bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan remaja pecandu game online tersebut, tentu ada hal lain yang mendorong seorang remaja menjadi kecanduan bermain game online yaitu seperti kurangnya kontrol dari orangtua, adanya berbagai fitur dan konten menarik di dalam game online, sampai kepada bisa menghasilkan uang dari perjudian yang ada di dalam game online. Kata Kunci : Game online, perilaku menyimpang, faktor pendorong, teori perbedaan pergaulan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 03 Dec 2020 07:30
Last Modified: 03 Dec 2020 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66311

Actions (login required)

View Item View Item