Hubungan Intensitas Menonton Program Berita yang Menggunakan Juru Bahasa Isyarat dengan Kepuasan Menonton

Wira, Aulia Lestari (2020) Hubungan Intensitas Menonton Program Berita yang Menggunakan Juru Bahasa Isyarat dengan Kepuasan Menonton. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2 BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
3 BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5 Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Televisi merupakan sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Dalam mewujudkan salah satu fungsi televisi yaitu memberikan informasi, maka stasiun televisi menayangkan program berita. Informasi ditujukan untuk semua kalangan, termasuk bagi disabilitas rungu yang memiliki kekurangan pada pendengaran. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016, KPI Pusat mengimbau lembaga penyiaran untuk mengadakan translasi program siaran televisi ke dalam bahasa isyarat. Dengan adanya fasilitas bahasa isyarat pada program berita yang disediakan untuk penyandang disabilitas rungu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan intensitas menonton program berita yang menggunakan juru bahasa isyarat dengan kepuasan menonton pada disabilitas rungu anggota Gerkatin Kota Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota Gerkatin Kota Padang yang ditetapkan 122 orang sebagai responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratifications. Hubungan antara intensitas menonton program berita yang menggunakan juru bahasa isyarat dengan kepuasan menonton pada disabilitas rungu anggota Gerkatin Kota Padang dianalisis dengan menggunakan korelasi spearman rank. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya hubungan yang kuat antara menonton program berita yang menggunakan juru bahasa isyarat dengan kepuasan menonton pada disabilitas rungu anggota Gerkatin Kota Padang. Dapat dilihat dari hasil korelasi sebesar 0,643 dan hubungan yang terbentuk adalah positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yesi Puspita, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Intensitas menonton, kepuasan menonton, program berita, juru bahasa isyarat, korelasi, uses and gratifications
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:54
Last Modified: 02 Dec 2020 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66221

Actions (login required)

View Item View Item