ANALISIS RISIKO PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI PT. X UNIT PADANG TAHUN 2020

Maria, Klarita Nindi (2020) ANALISIS RISIKO PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI PT. X UNIT PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. X Unit Padang, merupakan kantor cabang yang memproduksi pakan ternak. Data kecelakaan kerja perusahaan menunjukan bahwa dari tahun 2017 hingga 2019 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 4 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahaya potensial, tingkat risiko serta upaya pengendalian risiko pada bagian produksi di PT. X tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Dilaksanakan pada bulan Maret–Juli 2020 pada lima tahapan proses produksi di PT. X. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan, dan telaah dokumen, Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian sumber bahaya yang ditemukan yaitu bersumber dari lingkungan kerja, bahaya mekanik, bahaya fisika, bahaya biologi, bahaya kimia, serta bahaya ergonomi. Dari hasil penilaian risiko didapatkan 5 risiko sangat tinggi, 19 risiko tinggi, 15 risiko sedang dan 7 risiko rendah. Pengendalian yang diterapkan yakni pengendalian pada sumber bahaya, engineering control, administrative control dan Alat Pelindung Diri (APD). Terdapat 4–10 sumber bahaya di setiap tahapan proses produksi. Penilaian risiko pada setiap bagian produksi umumnya berisiko tinggi. Rekomendasi pengendalian lanjutan yakni dengan membuat safety sign/warning, membuat tiang penyangga yang lebih tinggi dari tumpukan bahan baku, meningkatkan pengawasan terhadap kepatuhan penggunaan APD, menentukan batas angkut beban yang diperbolehkan, memberikan edukasi terkait sikap kerja yang ergonomis, melakukan pemeriksaan dan uji kelayakan pada alat/mesin secara rutin, memastikan pekerjaan dilakukan oleh operator yang berpengalaman, melakukan pemeriksaan kesehatan pekerja secara berkala, serta mengikat pakan yang sudah jadi saat disusun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si, Apt., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, JSA, Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 01 Dec 2020 08:03
Last Modified: 01 Dec 2020 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66149

Actions (login required)

View Item View Item