MARKETING POLITIK YOVAN FADAYAN REMINDO PADA PEMILU LEGISLATIF KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2019

Restu, Illahi (2020) MARKETING POLITIK YOVAN FADAYAN REMINDO PADA PEMILU LEGISLATIF KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
KESIMPULAN new.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena politik yang terjadi pada pemilihan legislatif Kota Padang Panjang Tahun 2019. Salah satu fenomena yang menarik adalah kemenangan calon legislatif muda Yovan Fadayan Remindo yang diusung oleh Partai Golkar. Pada masa awal kampanye, Yovan Fadayan Remindo tidak diprediksi bisa memenangkan pemilihan legislatif di Kota Padang Panjang, akan tetapi dengan proses marketing politik yang dilakukannya dan modal sosial yang dimilikinya, sehingga berhasil memenangkan pemilihan legislatif di Kota Padang Panjang. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang marketing politik Yovan Fadayan Remindo yaitu product, promotion, price dan place yang dilakukan pada pemilihan legislatif Kota Padang Panjang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori marketing politik menurut Firmanzah (2012) yaitu, product (produk), Promotion (promosi), Price (harga), Place (tempat). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan marketing politik Yovan Fadayan Remindo dilihat dari product (produk), Yovan Fadayan Remindo menawarkan konsep dan gagasan pembaharuan kepada pemilih yang mengusung konsep anak muda berpolitik serta dengan memanfaatkan isu politik dan identitas diri, dengan memanfaatkan modal sosial ayahnya. Promotion (promosi) yang dilakukan dengan media stiker, kartu nama, dan baliho. Price (harga) dari segi ekonomi yang dikeluarkan oleh Yovan Fadayan Remindo untuk mencetak stiker, kartu nama, baliho dan kebutuhan relawan. Dari segi psikologis Yovan Fadayan Remindo menghadirkan suasana yang nyaman kepada pemilih dengan memanfaatkan modal sosial yang dimiliki dan menjaga komunikasi yang baik dengan pemilih sehingga menciptakan citra yang baik kepada pemilih. Place (tempat) Yovan Fadayan Remindo adalah basis suara yang dimiliki oleh ayahnya pada masa kampanye periode sebelumnya dan memanfaatkan kelompok serikat pekerja, kelompok anak muda, serta jaringan sosial yang dimiliki kedua orang tua Yovan Fadayan Remindo, mulai dari jaringan kekerabatan hingga rekan kerja seperti golongan ASN (aparatur sipil negara). Modal sosial yang dimiliki oleh ayah dari Yovan Fadayan Remindo yaitu Desfa Remindo juga menjadi faktor penting dalam mendukung proses marketing politik Yovan Fadayan Remindo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, M.A
Uncontrolled Keywords: Pemilu legislatif, marketing politik, product, promotion, price, place, modal sosial.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:48
Last Modified: 27 Nov 2020 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65808

Actions (login required)

View Item View Item