PERANCANGAN DAN PENGUJIAN PEFORMANCE MESIN BALL MILL MASSA UNBALANCE UNTUK SIZE REDUCTION SIMPLISIA DAUN ALPUKAT

Muhammad, Fadel (2020) PERANCANGAN DAN PENGUJIAN PEFORMANCE MESIN BALL MILL MASSA UNBALANCE UNTUK SIZE REDUCTION SIMPLISIA DAUN ALPUKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab v.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
utuh 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengecilan ukuran partikel (size reduction) adalah proses mengurangi partikel yang berukuran lebih besar atau kasar menjadi partikel yang lebih kecil atau halus. Metode perkakas yang sering digunakan untuk memperkecil ukuran material yaitu cutting, compression, impact, attrition, dan impact attrition fluid energy mil. Ball mill massa unbalance merupakan salah satu perkakas yang menggunakan metode impact attrition fluid energy mill. Ball mill massa unbalance menghasilkan kinerja lebih optimum dan lebih efisien untuk menghasilkan serbuk yang lebih halus. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan metode Taguchi, variabel yang diinputkan pada metoda Taguchi adalah waktu kerja mesin dan kecepatan putaran poros unbalance dengan tiga level pengujian, didapatkan Orthogonal Array Design L9. Rata-rata kehalusan serbuk simplisia daun alpukat yang dihasilkan oleh ball mill massa unbalance dihitung menggunakan mesin ayakan getar Retsch dengan mengikuti standar ASTM E11. Nilai kehalusan yang paling halus didapatkan pada waktu kerja mesin 30 menit dan putaran poros unbalance 578 rpm dengan kehalusan serbuk 181µm. Nilai kehalusan paling kasar didapatkan pada waktu 10 menit dan kecepatan putaran poros unbalance 488 rpm dengan kehalusan serbuk 336µm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firman Ridwan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Ball Mill, Size Reduction, Simplisia Daun Alpukat, Poros Unbalance, Metoda Taguchi, Mesin Ayakan Getar Retsch
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:30
Last Modified: 22 Dec 2020 02:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65750

Actions (login required)

View Item View Item