“KAMPUNG JOKOWI” DI NAGARI : STUDI TENTANG STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM RUMAH KERJA 01 INDONESIA DI JORONG TARATAK NAGARI SITUJUAH TUNGKA KECAMATAN SITUJUAH LIMO NAGARI KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Silvia, Rahmi Putri (2020) “KAMPUNG JOKOWI” DI NAGARI : STUDI TENTANG STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM RUMAH KERJA 01 INDONESIA DI JORONG TARATAK NAGARI SITUJUAH TUNGKA KECAMATAN SITUJUAH LIMO NAGARI KABUPATEN LIMAPULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pemilihan umum para kandidat tentunya memiliki strategi yang berbeda dalam proses pemenangannya. Hal yang menarik pada pemilihan presiden Tahun 2019 dibentuknya Kampung Jokowi di beberapa daerah di Indonesia untuk memenangkan pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Sumatera Barat yang merupakan basis suara pasanagan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga terdapat Kampung Jokowi yakni di Jorong Taratak Nagari Situjuah Tungka Kabupaten Limapuluh Kota. Realitanya perolehan suara di Jorong Taratak itu Jokowi dapat berhasil unggul dari pasangan lawannya. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi kemenangan yang dilakukan oleh Rumah Kerja 01 Indonesia selaku Tim sukses di daerah tersebut. Pertanyaan dari penelitian ini adalah apakah kemenangan Jokowi di “Kampung Jokowi” Jorong Taratak merupakan salah satu bentuk patronase yang dilakukan oleh Rumah Kerja 01 Indonesia. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan strategi para pendukung Jokowi dalam memenangkan kontestasi di “Kampung Jokowi”. Permasalahan ini kemudian di analisis menggunakan teori Patronase dengan berfokus kepada bentuk-bentuk patronase yang dilakukan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga dari lima bentuk patronase yang terdapat di Jorong Taratak Nagari Situjuah Tungka, bentuk patronase yang ditemukan berupa pemberian barang pribadi, pemberian barang kelompok dan aktifitas dan servis. Dengan beberapa bentuk patronase tersebut yang dilakukan oleh tim Rumah Kerja 01 dan beberapa orang tim suskes pemenangan JokowiAmin melalui deklarasi Kampung Jokowi di Nagari Taratak pasangan ini mampu menarik perhatian masyarakat daerah tersebut. Kemenangan yang di pengaruhi oleh adanya patronase tersebut juga di dukung dengan kekuatan Muhammad Bayu Vesky sebagai presidium Rumah Kerja 01 yang merupakan orang asli dari Nagari Situjuah Tungka yang tentunya sudah mempunyai kedekatan secara emosional dengan masyarakat yang berada di Nagari Situjuah Tungka. Hal itu dibuktikan dengan kemenangannya di seluruh TPS yang ada di Jorong Taratak tempat dimana Deklarasi Kampung Jokowi dilakukan beberapa bulan sebelum dilakukan pemilihan presiden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Pilpres, patronase, kemenangan kandidat.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:00
Last Modified: 27 Nov 2020 06:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65737

Actions (login required)

View Item View Item