Penerapan Program Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai Saluran Distribusi di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Wilayah Padang

Ayuni, Mardialisti (2020) Penerapan Program Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai Saluran Distribusi di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Wilayah Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Bismillah.Tugas Akhir. Ayuni Madialisti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau disingkat dengan Perum Bulog merupakanperusahaan umum milik negara yang bergerak dibidang logistik pangan (bulog.co.id). Perum Bulog dalam Usaha logistik atau pergudangan yang terdiri dari survei dan penyediaan komoditas, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan pangan, menjadi perusahaan yang mengemban tugas dari pemerintah, dalam menjamin ketersediaan, keterjangkauan, penyaluran beras dan menjaga stabilitas harga komoditas pangan nasional.Pemerintah menugaskan Perum Bulog agar dapat menjamin/menjaga dalam hal kesediaan pangan baik pada tingkat konsumen dan produsen. Meliputi jenis pangan pokok dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Dalam hal ini Perum Bulog menjalin kerjasama dengan mitra kerjasama Perum Bulog untuk menjamin ketahanan pangan dan kesediaan stok pangan nasional terutama beras (Erizon, 2019). Mitra kerja tersebut dalam rangka penyediaan stok pangan untuk Bulog tentunya juga harus memenuhi standar-standar tertentu. Mitra kerja Bulog dalam menjalalin hubungan kerjasama berupa badan usaha atau usaha perseorangan dan kelompok tani atau gabungan kelompok tani.Saluran distribusi adalah serangkaian partisipan organisasional yang melakukan semua fungsi yang dibutuhkan untuk menyalurkan produk/jasa dari penjual ke pembeli akhir, yang memiliki peran penting dalam penyaluran suatu produk dari 1produsen hingga sampai ke tangan konsumen (Tjiptono, 2014).Penyaluran komersil Perum Bulog menggunakan sistem penyaluran untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Saluran komersil ini berupaya membangun kerja sama antara perusahaan dan masyarakat melalui pola distribusi/penyaluran. Untuk mendistribusikan beras secara merata ke seluruh wilayah sehingga beras dapat diakses oleh masyarakat. Salah satu cara Bulogdalam menyalurkan produknya dan menjawab tuntutan dalam memperbaiki sektor pangan, serta menjalankan amanah Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 48 tahun 2016 tentang Bulog harus mewujudkan distribusi bahan pangan yang efektif dan aman serta menjaga kestabilan harga pangan. Maka Bulog membangun program dalam pendistribusianuntuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh Perum Bulogyaitu ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas harga. Program pengembangan ini dinamakan Program Rumah Pangan Kita(RPK). Rumah Pangan Kitamerupakan outlet kecil milik negara yang menyediakan berbagaikomoditas pangan yang sering disebut dengan sembako(sembilan bahan pokok) terdiri dari berbagai beras, minyak, gula, cabai, telur, dan bahan pokok lain(Erizon, 2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Laela Susdiani, SE, M.Com (App.Fin)
Uncontrolled Keywords: Program Rumah Pangan Kita, Saluran Distribusi, Stabilitas Harga
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:55
Last Modified: 26 Nov 2020 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65391

Actions (login required)

View Item View Item