KAJIAN LITERATUR PENGARUH PAPARAN INSEKTISIDA ORGANOFOSFAT TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT KONSUMSI OKSIGEN DAN TINGKAH LAKU IKAN AIR TAWAR

Shafira, Atikah Hamdani (2020) KAJIAN LITERATUR PENGARUH PAPARAN INSEKTISIDA ORGANOFOSFAT TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT KONSUMSI OKSIGEN DAN TINGKAH LAKU IKAN AIR TAWAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
DRAFT TA SHAFIRA ATIKAH HAMDANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Organofosfat merupakan salah satu jenis insektisida yang sangat beracun serta dapat membahayakan organisme akuatik, termasuk ikan air tawar. Metode yang dilakukan untuk melihat gejala awal keracunan akibat organofosfat terhadap ikan air tawar adalah uji subletal. Salah satu bentuk pemeriksaan uji subletal ialah tingkat konsumsi oksigen dan perubahan tingkah laku. Tujuan dari kajian literatur ini ialah melihat pengaruh paparan insektisida organofosfat terhadap perubahan tingkat konsumsi oksigen dan tingkah laku ikan air tawar. Metode yang digunakan berupa kajian literatur dengan mengkaji artikel ilmiah terakreditasi nasional dan internasional bereputasi pada rentang tahun 2011-2020. Hasil kajian menunjukkan penurunan tingkat konsumsi oksigen selama 14-30 hari dengan variasi konsentrasi paparan yaitu 8,64 x10-6 ppm - 2,5x10-2 ppm dengan penurunan 0,159 – 0,8 mgO2/L serta perubahan tingkah laku selama 14-28 hari dengan variasi konsentrasi paparan yaitu 1,46 x10-6 ppm - 3,16 ppm akibat paparan insektisida organofosfat. Hal ini dikarenakan terhambatnya aktivitas enzim asetilkholinestrase untuk menghidrolisis asetilkolin sehingga terjadi akumulasi asetilkolin yang menyebabkan difusi oksigen menjadi terganggu, serta rusaknya insang yang diakibatkan oleh insektisida. Sekresi lendir berlebih juga dapat mempengaruhi konsumsi oksigen ikan air tawar. Menurunnya konsumsi oksigen dapat menyebabkan perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku yang terjadi ialah seperti berlebihnya sekresi lendir, perubahan pola renang, gerak sirip serta gerak operkulum. Durasi paparan, konsentrasi pencemar dan spesies merupakan faktor yang dapat mempengaruhi uji subletal tingkat konsumsi oksigen dan perubahan tingkah laku ikan air tawar. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada pemerintah dan petani ialah menggunakan insektisida ramah lingkungan atau dengan teknologi ramah lingkungan serta monitoring kesehatan lingkungan perairan pada lahan pertanian secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tivany Edwin, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Organofosfat, uji subletal, ikan air tawar, tingkat konsumsi oksigen, perubahan tingkah laku
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:56
Last Modified: 13 Jan 2021 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65193

Actions (login required)

View Item View Item