Prosedur Pelaksanaan Evaluasi Kinerja pada PDAM oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat

Relfi, Deva (2020) Prosedur Pelaksanaan Evaluasi Kinerja pada PDAM oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
tugas akhir ilmiah utuh full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Dalam menilai kinerja PDAM, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memerlukan perencanaan yang tepat dalam melakukan evaluasi kinerja, perencanaan evaluasi kinerja harus dibuat secara matang untuk menunjang kesuksessan kinerja. Tahap perencanaan disusun untuk menghasilkan beberapa prosedur sebagai pedoman dalam pengevaluasian kinerja. Dengan adanya prosedur memudahkan langkah kerja BPKP dalam mengevaluasi kinerja PDAM, dalam rangka mengumpulkan bukti-bukti untuk mencapai tujuan pemeriksaan serta mencegah terjadinya penyimpangan dalam evaluasi kinerja PDAM. BPKP melakukan prosedur evaluasi kinerja pada PDAM, berpedoman pada Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) No. 47 Tahun 1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum menjadi salah satu landasan pengukuran tingkat keberhasilan PDAM. Tingkat keberhasilan prosedur pelaksanaan evaluasi kinerja PDAM dapat diukur melalui penilaian terhadap kinerjanya. Penilaian kinerja ini merupakan hasil pengembangan yang disusun oleh tim BPPSPAM bekerjasama dengan BPKP, Perpamsi dan beberapa PDAM yang didasarkan pada 4 (empat) aspek kinerja yaitu: aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional dan aspek sumber daya manusia. Masing-masing aspek dirinci ke dalam beberapa indikator penilaian dengan tujuan untuk lebih memberikan kecermatan dalam melakukan penilaian. Hasil penilai kinerja diklasifikasikan ke dalam 3 (tiga) kategori kinerja, yaitu PDAM sehat, PDAM kurang sehat dan PDAM sakit. Dengan adanya prosedur pelaksanaan evaluasi kinerja pada PDAM bisa jadi tolak ukur tingkat keberhasilan pengelolaan PDAM agar kedepannya PDAM bisa meningkatkan kinerja dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara penyelenggara dengan pelanggan. Kata kunci: PDAM, BPKP, BPPSPAM, Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan, Aspek Operasional dan Aspek Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rita Rahayu, SE., M.Si.,Akt
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PDAM, BPKP, BPPSPAM, Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan, Aspek Operasional dan Aspek Sumber Daya Manusia.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: d3 keuangan negara
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:28
Last Modified: 24 Nov 2020 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65158

Actions (login required)

View Item View Item