HUBUNGAN PENGENDALIAN GULA DARAH DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

Elsa, Yosepin Siahaan (2020) HUBUNGAN PENGENDALIAN GULA DARAH DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext Elsa Yosepin S.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin dan kerja insulin atau kedua-duanya. Diabetes Melitus tipe 2 berkaitan erat dengan peningkatan risiko disfungsi kognitif, demensia, dan depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengendalian gula darah dengan gangguan fungsi kognitif pada pasien diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian berlangsung bulan Februari 2020 – October 2020. Jumlah sampel penelitian ini 30 orang pada pasien DM tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Data diperoleh dari rekam medis dan wawancara menggunakan kuesioner MoCA (Montreal Cognitive Assesment) melalui telepon dan media WhatsApp. Data dianalisis secara univariat dan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 86,7% responden memiliki kadar gula darah yang tidak terkendali dan 73,3% responden mengalami gangguan fungsi kognitif. Terdapat hubungan signifikan antara pengendalian gula darah dengan gangguan fungsi kognitif (p=0,048). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengendalian gula darah dengan gangguan fungsi kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Dinda Aprilia, Sp.PD
Uncontrolled Keywords: Diabetes melitus, pengendalian gula darah, gangguan fungsi kognitif
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:30
Last Modified: 24 Nov 2020 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65105

Actions (login required)

View Item View Item