Hubungan Koloni Bakteri Lactobacillus dengan Kejadian Overactive Bladder (OAB) pada Pasien OAB di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Pauh Kota Padang

Widya, May Hendra (2020) Hubungan Koloni Bakteri Lactobacillus dengan Kejadian Overactive Bladder (OAB) pada Pasien OAB di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Pauh Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Overactive Bladder (OAB) merupakan suatu kondisi yang umum terjadi pada wanita dan pria dengan etiologi yang kompleks. Dalam publikasi penelitian saat ini, Lactobacillus dilaporkan sebagai salah satu mikrobiota urin yang berperan dalam patogenesis OAB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara koloni Lactobacillus dengan kejadian overactive bladder pada pasien OAB di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Pauh Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional comparative study. Dimana 40 data diambil dari master data penelitian untuk dilakukan uji analisis. Data penelitian dianalisis melalui uji normalitas Saphiro Wilk untuk membuktikan bahwa data terdistribusi normal, kemudian dilakukan analisis bivariat dengan uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil dari analisis univariat dan bivariat kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan rerata dari koloni Lactobacillus yaitu 15.991.113,00 ± 69.216.342,908 CFU/ml pada pasien OAB dan pada kelompok normal yaitu 17.209.120,00 ± 76.215.391,408 CFU/ml. Berdasarkan uji non parametrik Mann-Whitney, tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara koloni Lactobacillus (p=0,096) dengan kejadian OAB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara koloni Lactobacillus dengan kejadian Overactive Bladder pada pasien OAB di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Pauh Kota Padang. Kata kunci : Overactive Bladder, Lactobacillus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Bobby Indra Utama, Sp.OG(K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Nov 2020 07:07
Last Modified: 20 Nov 2020 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64942

Actions (login required)

View Item View Item