HUBUNGAN TINGKAT RISIKO ERGONOMI, UMUR, MASA KERJA, DAN KEBIASAAN OLAHRAGA DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF CUMULATIVE TRAUMA DISORDERS PADA PEKERJA PT LEMBAH KARET TAHUN 2020

Muhammad, Ibnu Dzaky (2020) HUBUNGAN TINGKAT RISIKO ERGONOMI, UMUR, MASA KERJA, DAN KEBIASAAN OLAHRAGA DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF CUMULATIVE TRAUMA DISORDERS PADA PEKERJA PT LEMBAH KARET TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Penutup.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada 10 pekerja PT Lembah Karet Padang, didapatkan 70% pekerja mengalami keluhan Cumulative Trauma Disorders (CTDs). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat risiko ergonomi, umur, masa kerja, dan kebiasaan olahraga dengan keluhan subjektif CTDs pada pekerja PT Lembah Karet tahun 2020.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pekerja PT Lembah Karet pada proses kering dan basah sebanyak 55 orang dengan sampel sebanyak 39 orang yang ditetapkan menggunakan Simple Random Sampling. Pengukuran tingkat risiko ergonomi dilakukan dengan metode REBA serta kuisioner Nordic Body Map untuk tingkat keluhan CTDs. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan analisis data menggunakan Chi-Square.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari 39 orang responden, terdapat 25 orang (64.1%) dengan keluhan CTDs ringan dan 14 orang (35.9%) dengan keluhan sedang. Berdasarkan hasil uji chi-square ditemui bahwa adanya hubungan antara keluhan CTDs dengan tingkat risiko ergonomi pekerjaan (p value= 0.003). Sedangkan untuk variabel lain tidak ditemukan adanya hubungan yang signfikan yaitu umur (p value= 1), masa kerja (p value= 0.482), dan kebiasaan olahraga (p value= 1).Faktor risiko ergonomi pekerjaan berpengaruh besar dalam peningkatan risiko CTDs pada pekerja. Oleh karena itu perusahaan sebaiknya selalu memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada pekerja mengenai tata cara bekerja yang baik dan sesuai dengan prinsip ergonomi sehingga pekerja dapat terhindar dari keluhan CTDs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari, SKM, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Keluhan Cumulative Trauma Disorders (CTDs), REBA, Nordic Body Map
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:54
Last Modified: 17 Nov 2020 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64254

Actions (login required)

View Item View Item