Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Education terhadap Perilaku Perineal Hygiene Remaja Putri di MTs Pondok Pesantren Khairul Ummah Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau

Mai, Linda (2020) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Education terhadap Perilaku Perineal Hygiene Remaja Putri di MTs Pondok Pesantren Khairul Ummah Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perineal hygiene merupakan tindakan untuk memelihara kebersihan dan menjaga kesehatan organ reproduksi pada seseorang. Perilaku perineal hygiene penting dilakukan kepada remaja putri pada tahap remaja awal karena remaja awal merupakan tahap awal dari perkembangan reproduksi seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan perineal hygiene terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan perineal hygiene remaja putri di MTs Pondok Pesantren Khairul Ummah Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design dengan tekhnik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil uji menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan metode peer education terhadap perilaku perineal hygiene meliputi pengetahuan dengan p value 0,016, sikap dengan p value 0,014, dan tindakan dengan p value 0,001. Pendidikan kesehatan ini direkomendasikan kepada petugas kesehatan untuk melakukan promosi kesehatan guna meningkatkan kemampuan perineal hygiene pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: MASRIZAL
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 11 Nov 2020 01:50
Last Modified: 11 Nov 2020 01:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64125

Actions (login required)

View Item View Item