ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DENGAN LITERATUR REVIEW: PENERAPAN TERAPI MUSIK (INSTRUMENTAL MUSIC) TERHADAP NYERI PASIEN KANKER PAYUDARA

Mutia, Ilham (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DENGAN LITERATUR REVIEW: PENERAPAN TERAPI MUSIK (INSTRUMENTAL MUSIC) TERHADAP NYERI PASIEN KANKER PAYUDARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK...pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEKS)
KIA FULL TEXT MUTIA ILHAM...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker adalah penyakit yang sangat kompleks dan menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Kanker payudara menjadi kanker penyebab kematian kedua tertinggi pada wanita diseluruh dunia. Nyeri merupakan keluhan yang paling banyak pada pasien kanker. tindakan yang terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri adalah menggunakan terapi analgesic, namun memiliki banyak efek samping. Salahatu alternative yang dapat digunakan dalam mengatasi nyeri adalah terapi non-farmakologi yaitu dengan menerapkan terapi musik. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah memaparkan asuhan keperawatan pada pasien CA Mammae dengan literature review : penerapan terapi musik untuk nyeri yang diakibatkan kanker. Pencarian artikel jurnal dilakukan secara elektronik dengan menggunakan beberapa database, yaitu: database Science Direct, Research Gate dan Pubmed dengan kata kunci yang sudah ditetapkan oleh penulis kemudian artikel di ekstraksi berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi sehingga didapatkan lima artikel untuk di-review. Brdasarkan lima penelitian yang termasuk dalam kriteria inklusiemapat diantaranya menggunakan metode randomized controlled trial dan satu menggunakan metode quasi experiment. Populasinya adalah pasien kanker yang mengalami nyeri kanker. Berdasarkan lima artikel yang di review ditemukan bahwa pemberian intervensi musik dapat mengurangi nyeri pasien kanker dara skala nyeri sedang menjadi nyeri ringan. Disarankan agar dalam penerapan pelayanan kesehatan dapat mempertimbangkan penggunaan terapi musik sebagai alternative penurunan nyeri pasien kanker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, SKp, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Terapi Musik, Kanker, Nyeri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Nov 2020 08:59
Last Modified: 04 Nov 2020 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64014

Actions (login required)

View Item View Item