HUBUNGAN DRUG-RELATED PROBLEMS DENGAN CLINICAL OUTCOMES PADA PENATALAKSANAAN PASIEN STROKE ISKEMIK DI BANGSAL SARAF RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Sri, Rahmi Utami (2020) HUBUNGAN DRUG-RELATED PROBLEMS DENGAN CLINICAL OUTCOMES PADA PENATALAKSANAAN PASIEN STROKE ISKEMIK DI BANGSAL SARAF RAWAT INAP RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Tesis dan Abstrak)
a. Cover tesis + abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
b. BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Penutup)
c. Kesimpulan dan Penutup.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
d. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis Apt. Sri Rahmi Utami, M.Farm)
e. Tesis Apt. Sri Rahmi Utami, M.Farm (watermark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stroke merupakan penyakit penyebab kematian ketiga setelah penyakit kardiovaskular dan kanker. Drug-related problems (DRPs) sangat umum terjadi pada pasien rawat inap yang beresiko meningkatkan kesakitan dan kematian serta menaikkan biaya rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui jenis – jenis kejadian DRPs dan mengetahui hubungan DRPs dengan Clinical Outcomes pada pasien stroke iskemik di bangsal saraf rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan desain cross-sectional deskriptif, dilakukan dengan mengumpulkan data pasien stroke iskemik secara prospektif selama periode Mei – Juli 2019. Analisis data menggunakan statistik dengan metode uji parametrik (T – Test dan One Way Annova) dan non parametrik (Mann U Whitney dan Kruskal Wallis Test). Diperoleh sebanyak 72 pasien stroke iskemik yang memenuhi syarat inklusi dengan jenis kelamin laki – laki sebanyak 34 pasien (47,2 %) dan perempuan sebanyak 38 pasien (52,8 %) dengan usia pasien terbanyak pada rentang umur 56 - 65 tahun ke atas dengan keadaan pulang perbaikan pasien sebanyak 68 pasien (94 %) dan meninggal dunia sebanyak 4 pasien (6 %), di mana lama rawatan pasien terbanyak pada hari rawatan 1 - 7 hari (1 minggu) sebanyak 50 pasien (50,0 %). Jenis kejadian Drug Related Problems yang ditemui yaitu terbanyak pada indikasi yang tidak diterapi sebesar 60,98 %, di ikuti pemilihan obat yang tidak tepat sebesar 17,07 %, obat tanpa indikasi sebesar 14,63 %, interaksi obat sebesar 7,32 % dan kegagalan memperoleh obat sebesar 0 %. Dari hasil uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan antara DRPs dengan clinical outcomes pasien yaitu yaitu terdapat hubungan kategori DRPs pemilihan obat yang tidak tepat dan interaksi obat dengan tekanan darah sistole serta terdapat hubungan kategori DRPs obat tanpa indikasi dengan score Glasgow Coma Scale.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Apt. Suhatri, M.S
Uncontrolled Keywords: DRPs; stroke iskemik; clinical outcomes; terapi stroke iskemik
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:37
Last Modified: 03 Nov 2020 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63936

Actions (login required)

View Item View Item