BRANDING “TASTE OF PADANG” OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA MENCIPTAKAN AWARENESS MASYARAKAT

Fega, Maretha Handra (2020) BRANDING “TASTE OF PADANG” OLEH DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA MENCIPTAKAN AWARENESS MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skirpsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sumatera Barat memiliki branding pariwisata dengan tagline “Taste of Padang” yang telah diresmikan pada bulan November 2017. Meskipun sudah diresmikan sejak dua tahun yang lalu, keberadaan “Taste of Padang” belum terlalu dikenal oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan kurangnya awareness masyarakat terhadap brand pariwisata Sumatera Barat tersebut. Branding ini merupakan sub-brand dari “Wonderful Indonesia” yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata di provinsi Sumatera Barat, meningkatkan citra destinasi dan awareness wisatawan sehingga jumlah kunjungan wisatawan menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam upaya menciptakan awareness masyarakat, mengetahui hambatan yang ditemui serta media yang digunakan dalam proses branding. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Penulis memperoleh data penelitian dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu Bauran PENCILS dan The Awareness Pyramid. Informan pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan validitas data diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat di Sumatera Barat yang belum mengenal branding “Taste of Padang” sebagai brand pariwisata Sumatera Barat meskipun “Taste of Padang” sudah diresmikan sejak tahun 2017. Hal ini dikarenakan masih sangat kurangnya awareness masyarakat tentang “Taste of Padang”. Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan beberapa kegiatan serta memanfaatkan beberapa media untuk mempromosikan “Taste of Padang” kepada masyarakat, namun kegiatan yang telah dilaksanakan belum maksimal yang disebabkan oleh beberapa hambatan yang ditemui oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam melaksanakan kegiatan branding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yesi Puspita, M.Si
Uncontrolled Keywords: pariwisata, branding, awareness, tagline, Taste of Padang.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:57
Last Modified: 16 Nov 2020 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63381

Actions (login required)

View Item View Item