LITERATURE REVIEW : IRIGASI BLADDER PADA PASIEN KANKER KANDUNG KEMIHPOST TRANSURETRAL RESECTION OFBLADDER TUMOUR (TURBT)

Fenita, Rahmayanti (2020) LITERATURE REVIEW : IRIGASI BLADDER PADA PASIEN KANKER KANDUNG KEMIHPOST TRANSURETRAL RESECTION OFBLADDER TUMOUR (TURBT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I KIA Fenita.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI KIA Fenita.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Fenita.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
KIA Fulltext fenita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Retensi urin merupakan komplikasi yang sering terjadi pada pasien kanker kandung kemih post operasi transurethral resection bladder tumour (TURBT). Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi retensi urin adalah melakukan irigasi bladder. Irigasi bladder ini berguna untuk mencegah terjadinya distensi kandung kemih karena adanya penyumbatan yang disebabkan oleh darah maupun pus. Karya tulis ilmiah ini akan merview tentang rindakan irigasi bladder pada pasien kanker kandung kemih post operasi TURBT. Metode yang digunakan adalah literature review yang meriview 4 artikel ilmiah yang membahas tindakan irigasi bladder. Pada pasien yang dirawat di RSUP. DR. M. Djamil, setelah dilakukan operasi TURBT diberikan tindakan irigasi bladder untuk mengurangi resiko perdarahan dan retensi urine akibat perdarahan tersebut. Pada artikel yang ditemukan pemberian irigasi bladder dapat menurunkan angka kejadian retensi (1,8%) dan perdarahan (hematuri) sebanyak 3,5%. Studi literature yang dilakukan menunjukan bahwa intervensi irigasi bladder dapat mengurangi angka kejadian retensi urin perdarahan dan nyeri saat berkemih pada pasien kanker kandung kemihpost TURBT. Sedangkan metode irigasi yang banyak digunakan pada pasien post TURBT adalah irigasi bladder terbuka atau irigasi secara continuous. Metode yang paling tepat untuk asuhan keperawtan pasien post TURBT adalah pemberian irigasi bladder secara continuous. Pemberian Intervensi irigasi bladder secara terbuka bisa menjadi salah satu alternative untuk mengatasi masalah retensi urine pada pasien kanker kandung kemih post TURBT. Kata kunci : bladder irrigation, kanker kandung kemih, transurethral resection bladder tumour

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. LENI MERDAWATI, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:39
Last Modified: 25 Sep 2020 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63295

Actions (login required)

View Item View Item