IMPOLITENESS STRATEGIES AND RESPONSES TO THEM IN X-FACTOR GLOBAL ON YOUTUBE CHANNEL: A CASE STUDY ON TWO COMPILATION OF AUDITION VIDEOS

Cindy, Claudia (2020) IMPOLITENESS STRATEGIES AND RESPONSES TO THEM IN X-FACTOR GLOBAL ON YOUTUBE CHANNEL: A CASE STUDY ON TWO COMPILATION OF AUDITION VIDEOS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 4)
CHAPTER 4.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (thesis Cindy Claudia)
Cindy Claudia Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk membahas strategi ketidaksantunan dan tanggapan terhadap ketidaksantunan yang terdapat pada dua video X-Factor Global di kanal YouTube. Dua video tersebut merupakan video kompilasi pencarian bakat menyanyi dari X-Factor dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 yang menunjukkan adanya argumentasi dan luapan kemarahan dari juri dan peserta. Data pada penelitian ini diambil dari ujaran juri dan peserta yang berinteraksi di dalam dua video tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh video dari YouTube untuk kemudian diidentifikasi strategi ketidaksantunan dan tanggapan terhadap ketidaksantunan yang diujarkan oleh juri dan peserta. Data yang sudah dikumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan mengkategorikan ujaran ke dalam strategi ketidaksantunan dan tanggapan terhadap ketidaksantunan. Data dianalisis dengan mengunakan teori strategi ketidaksantunan yang dikemukakan oleh Culpeper (1996), teori tanggapan terhadap ketidaksantunan yang disampaikan oleh Culpeper, Bousfield & Wichmann (2003). Dua teori tersebut, diaplikasikan kepada semua data dengan menggunakan interpretasi pemahaman konteks yang digagas oleh Leech (1983). Hasil analisis data menunjukkan empat strategi ketidaksantunan yang digunakan oleh juri dan peserta, yaitu (1) ketidaksantunan secara langsung, (2) ketidaksantunan positif, (3) ketidaksantunan negatif, dan (4) sindiran. Dari keempat strategi ketidaksantunan yang ditemukan, ketidaksantunan negatif merupakan strategi yang paling banyak digunakan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwasanya tidak ditemukannya strategi penundaan kesantunan yang dikarenakan tidak adanya kesesuaian konteks untuk kemunculannya. Hasil analisis juga mengungkapkan adanya empat tanggapan terhadap ketidaksantunan, yaitu(1)menerimaseranganmuka,(2)balasanofensif,(3)balasandefensif,dan (4) tidak ada respon. Balasan ofensif merupakan tanggapan yang paling banyak digunakan untuk menunjukkan penolakanterhadap ujaran lawan tutur. Kata Kunci : strategi ketidaksantunan, tanggapan ketidaksantunan, konteks, X- Factor Global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dhiant Asri, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: strategi ketidaksantunan, tanggapan ketidaksantunan, konteks, X- Factor Global.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 25 Sep 2020 07:24
Last Modified: 25 Sep 2020 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63293

Actions (login required)

View Item View Item