HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PADANG

Khairunnisa, Khairunnisa (2020) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK (1).pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI KHAIRUNNISA FULL (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku agresif pada remaja mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Perilaku agresif merupakan suatu tindakan atau perbuatan yang menyakiti atau melukai baik secara verbal maupun fisik yang ditujukan pada seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku agresif yaitu kebiasaan bermain game online berunsur kekerasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan game online berunsur kekerasan dengan perilaku agresif pada remaja di SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 8 dan 9 SMP Muhammadiyah 5 Padang yang berjumlah 80 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini didapatkan lebih dari separuh (56,2%) responden memiliki kecanduan game online berunsur kekerasan, lebih dari separuh (55%) responden memiliki perilaku agresif kategori sedang dan terdapat hubungan antara kecanduan game berunsur kekerasan dengan perilaku agresif (p value = 0,000). Saran pada penelitian ini diharapkan kepada perawat atau tenaga kesehatan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan pertemuan rutin dan memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap game online berunsur kekerasan dan perilaku agresif Kata Kunci: Kecanduan game online, Remaja, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:56
Last Modified: 25 Sep 2020 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63237

Actions (login required)

View Item View Item