IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Dian, Nofita (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
watermar abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I watermark.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB akhir watermark.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIIIPSI DIAN NOFITA 1510841021 acccccccccc.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Nofita, No BP : 1510841021, Implementasi Program Pendidikan Inklusif di Kota Padang, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Padang, 2020. Dibimbing oleh: Kusdarini, S.IP, M.PA dan Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA. Skripsi ini terdiri dari 152 Halaman dengan referensi 7 buku teori, 2 Buku metode, 3 skripsi, 1 jurnal, 1 Undang-Undang, 1 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 70 Tahun 2009, 1 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif, 1 Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, dan 6 dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Program Pendidikan Inklusif di Kota Padang. Program Pendidikan Inklusif merupakan program yang bertujuan memberikan kesempatan kepada setiap anak berkebutuan khusus (ABK) untuk mendapatkan pembelajaran yang sama tanpa adanya diskriminasi untuk bergabung dengan siswa normal di lingkungan sekolah reguler atau umum. Semenjak 2013, Kota Padang telah menjalankan Program Pendidikan Inklusif, di bawah kewenangan dari UPTD Layanan Disabilitas Pendidikan Inklusif, Dinas Pendidikan Kota Padang. Hal ini patut diapresiasi mengingat salah satu tujuan Kota Padang menjadi kota inklusif. Untuk itu, studi ini ingin melihat bagaimana implementasi Program Pendidikan Inklusif di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan Teori Donald Van Meter dan Carl Van Horn yang terdiri dari enam variabel yaitu Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumber Daya, Karakteristik Agen Pelaksana, Disposisi, Komunikasi Antar Organisasi dan Aktivitas Implementasi serta Lingkungan Sosial, Ekonomi, dan Politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif-deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Program Pendidikan Inklusif di Kota Padang belum berjalan optimal yang ditandai masih belum meratanya program ini dilakukan di setiap sekolah.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu UPTD Layanan Disabilitas Pendidikan Inklusif kurang intens untuk melakukan sosialisasi dan monitoring evaluasi ke setiap sekolah dasar, mengingat banyaknya jumlah sekolah yang ada di Kota Padang.Disamping itu, belum optimalnya pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif juga ditandai dengan minimnya sumber daya manusia dalam melakukan asesmen untuk ABK, kurang pedulinya satuan pendidikan sekolah dan kurangnya pemahaman dari sebagian besar guru kelas dan sekolah terhadap ABK.Serta dukungan yang kurang dari lingkungan sosial masyarakat karena menganggap ABK merupakan sesuatu yang aneh dan berbeda.Untuk itu kedepan diperlukan upaya maksimal dalam meningkatkan kualitas Program Pendidikan Inklusif di Kota Padang. Kata Kunci: Implementasi, Program Pendidikan Inklusif, UPTD Layanan Disabilitas Pendidikan Inklusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:53
Last Modified: 23 Sep 2020 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62821

Actions (login required)

View Item View Item