PENERAPAN CUSTOMER VALUE UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK RAHN PADA PT.PEGADAIAN SYARIAH PADANG

Hendro, Jati prasetyo (2020) PENERAPAN CUSTOMER VALUE UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK RAHN PADA PT.PEGADAIAN SYARIAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover kondok.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I polos-dikonversi.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka (1).pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (TA FULL)
TA HENDRO 2-converted full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Dalam kegiatan sehari-hari, uang sangat dibutuhkan untuk membeli atau membayar berbagai keperluan. Permasalahan yang sering muncul adalah ketika kebutuhan yang ingin dibeli tidak dapat dicukupi dengan uang yang dimiliki. Banyak juga orang yang ingin mendirikan usaha kecil hingga usaha menengah dan juga mengembangkan usaha yang sudah ada tetapi tidak memiliki cukup uang. Sebagian besar masyarakat memiliki uang atau simpanan yang terbatas sehingga mendorong mereka untuk melakukan pinjaman uang guna memenuhi kebutuhan financial masyarakat ataupun pengusaha dalam kegiatan ekonomi. Dengan banyaknya permintaan untuk peminjaman dana, perusahaan membuka gerai peminjaman untuk mengatasi masalah keuangan masyarakat, salah satunya PT. Pegadaian (persero), dimana konsumen bisa memanfaatkan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan itu sendiri. Berdasarkan data yang dihimpun dari tirto.id nasabah pegadaian terbanyak datang dari kelompok usia 35-44 tahun sebanyak 33%, kelompok usia 25-34 tahun sebanyak 29%, kelompok usia 45-54 tahun sebanyak 11% (Lako, 2017). Dari data tersebut terlihat bahwa konsumen usia menengah keatas sangat membutuhkan pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan ataupun merintis dan mengembangkan usaha. PT. Pegadaian (Persero) merupakan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai seperti dimaksud dalam Undang-undang (www.pegadaian.co.id). Menariknya pinjaman uang di pegadaian disebabkan prosedurnya yang mudah, cepat dan biaya yang dikenakan lebih ringan. Masyarakat hanya perlu menunjukkan bukti identitas diri dan barang sebagai jaminan dan mengikuti prosedur peminjaman yang telah ada. Uang pinjaman dapat diperoleh dalam waktu yang cepat, begitu juga untuk melunasi pinjaman. Nasabah cukup dengan memberikan sejumlah uang dan surat bukti dengan waktu proses yang juga singkat, atau dengan kata lain lembaga pegadaian menjadi pilihan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Hal ini dilakukan sesuai dengan salah satu tujuan dari pegadaian dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan motto “Mengatasi masalah tanpa masalah”. Masyarakat sudah mengenal pegadaian sebagai institusi yang mengadakan kegiatan pemberian pinjaman dengan menggadaikan barang sebagai jaminan. Seperti halnya lembaga keuangan yang sudah memiliki unit syariah, begitu pula pegadaian. Direktur IKNB Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Moch. Muchlasin mengatakan pegadaian syariah merupakan kegiatan pemberian pinjaman dengan menggadaikan barang sebagai jaminan utang berdasarkan prinsip syariah. Produk utama pegadaian syariah ada empat. Pertama, penyaluran uang pinjaman dengan jaminan berdasarkan hukum gadai yang dilakukan berdasarkan akad rahn. Kedua, penyaluran uang pinjaman dengan jaminan berdasarkan hukum fidusia yang dilakukan berdasarkan akad rahn tasjily. Ketiga, pelayanan jasa titipan barang berharga, yang dilakukan dengan akad ijarah atau akad lainnya yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Keempat, pelayanan jasa taksiran, yang dilakukan dengan akad ijarah atau akad lainnya yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Arief Prima Johan, SE. M.Sc
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:12
Last Modified: 22 Sep 2020 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62548

Actions (login required)

View Item View Item