STRATEGI DAN IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Kasus dalam Meningkatkan Citra Pada Tiga Universitas Swasta di Sumatera Barat )

Gusri, Latifah (2020) STRATEGI DAN IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Kasus dalam Meningkatkan Citra Pada Tiga Universitas Swasta di Sumatera Barat ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Halaman Cover Tesis dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
Bab 1.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
Kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tugas Akhir Utuh)
Thesis LATIFAH GUSRI FINAL FIX UPLOAD.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi Dan Implementasi Cyber Public Relations Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus dalam Meningkatkan Citra Pada Tiga Universitas Swasta di Sumatera Barat ) Oleh: Latifah Gusri (1820862003) (Dibawah bimbingan: Dr. Ernita Arif, M.Si dan Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi serta implementasi Cyber Public Relations tiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Barat, ketika menghadapi tren penurunan minat calon mahasiswa baru secara signifikan dalam memilih perguruan tinggi swasta, khususnya di Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana strategi dan implementasi yang dilakukan oleh Cyber Public Relations dalam kontribusi pembentukan citra positif dengan memanfaatkan media sosial, sehingga mampu meningkatkan kembali minat calon mahasiswa baru dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Model Perencanaan Cyber Public Relations dari Cutlip, Center dan Broom serta Model Pembentukan Citra dari John S Nimpoeno. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara dengan Cyber Public Relations dan observasi terhadap media sosial yang dimiliki oleh ketiga Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Barat. Hasil penelitian yang dilakukan memaparkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Cyber Public Relations ketiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Barat dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: fact-finding research, planning and programming, budget, communication, monitoring and measuring dan evaluation. Implementasi Cyber Public Relations dilakukan dengan memanfaatkan media sosial melalui pembuatan berita online (news release), pembuatan berita dalam bentuk video, penyedia informasi up-to-date serta membuat ruang berita interaktif dan komunikatif. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa pemanfaatan media sosial khususnya instagram oleh Cyber Public Relations dinilai cukup membantu dalam pembentukan citra positif universitas yang tetap diimbangi dengan kegiatan PR Konvensional. Kata Kunci: Cyber PR, Media Sosial, Pembentukan Citra, Model Perencanaan Cyber PR dan Model Pembentukan Citra

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:53
Last Modified: 21 Sep 2020 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62481

Actions (login required)

View Item View Item