PERBANDINGAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS WHATSAPP GROUP DENGAN MENGGUNAKAN PROJECTED STILL MEDIA DAN PROJECTED MOTION MEDIA TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMA NEGERI 6 KOTA PADANG

Genna, Meylia (2020) PERBANDINGAN PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS WHATSAPP GROUP DENGAN MENGGUNAKAN PROJECTED STILL MEDIA DAN PROJECTED MOTION MEDIA TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMA NEGERI 6 KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WHO mencatat hingga 2018, terdapat 37,9 juta orang hidup dengan HIV. Penyebaran HIV/AIDS mulai dari <4 hingga >50 tahun diantaranya adalah remaja. Hingga dibutuhkan upaya promotif berupa pendidikan kesehatan tentang HIV/AIDS pada remaja dengan menggunakan projected still media dan projected motion media dan teknologi berupa whatsapp group. Tujuannya mengetahui perbandingan pengaruh pendidikan kesehatan berbasis Whatsapp Group dengan menggunakan projected still media dan projected motion media terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 6 Kota Padang. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan sampel 44 responden menggunakan teknik simple random sampling. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk didapatkan p>0,05, uji Paired T-Test didapatkan projected still media (p=0,000) dan projected motion media (p=0,001), dikomparasi menggunakan uji Mann Whitney (p=0,924). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara projected motion media dan projected still media sebagai media pendidikan kesehatan terkait HIV/AIDS terhadap pengetahuan remaja tetapi terdapat perbedaan mean menggunakan projected still media (4,68) dan projected motion media (4,77). Diharapkan agar bisa menggunakan projected motion media sebagai instrumen atau berupa program yang dapat meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS pada remaja dan sebagai media dalam pemberian pendidikan kesehatan. Kata Kunci : Edukasi, HIV/AIDS, remaja, Projected Still Media, Projected Motion Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:57
Last Modified: 21 Sep 2020 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62464

Actions (login required)

View Item View Item