FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STIGMA TENAGA KESEHATAN TERHADAP ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DALAM PELAYANAN KESEHATAN (SYSTEMATIC REVIEW)

Relita, Maizara (2020) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STIGMA TENAGA KESEHATAN TERHADAP ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DALAM PELAYANAN KESEHATAN (SYSTEMATIC REVIEW). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHA masih banyak terjadi di masyarakat ataupun di lingkungan tenaga kesehatan. Salah satu faktor terpenting penghambat pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS adalah stigma dan diskriminasi di lingkungan pelayanan kesehatan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah melakukan telaah artikel terhadap faktor-faktor yang berhubungan dengan stigma tenaga kesehatan terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dalam pelayanan kesehatan. Metode Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat desktop study yaitu systematic review yang dilakukan dengan melakukan penelusuran artikel melalui tiga electronic database yaitu PubMed, ProQuest dan EBSCO dengan menggunakan kombinasi kata kunci serta kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil Sebanyak 7 artikel dimasukkan ke dalam telaah sistematis. Dari hasil telaah tersebut didapatkan hasil hubungan antara variabel independen dengan stigma tenaga kesehatan terhadap ODHA. Satu artikel menyatakan adanya hungan antara jenis kelamin dengan stigma, 4 artikel menyatakan adanya hubungan antara pelatihan HIV/AIDS dengan stigma, 2 artikel menyatakan adanya hubungan antara lama bekerja dengan stigma, 3 artikel menyatakan adanya hubungan antara pengalaman memberikan perawatan pada ODHA dengan stigma dan 3 artikel menyatakan adanya hubungan antara pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan stigma. Kesimpulan Tenaga kesehatan yang semakin lama bekerja, pernah mengikuti pelatihan HIV/AIDS, mempunyai pengalaman memberikan perawatan pada ODHA dan mempunyai pengetahuan yang baik tentang HIV/AIDS mempunyai stigma yang lebih sedikit terhadap ODHA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vivi Triana, SKM., MPH
Uncontrolled Keywords: Stigma , Diskriminasi, ODHA, Tenaga Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 21 Sep 2020 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62429

Actions (login required)

View Item View Item