ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny. E DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW 19 KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO

Novalinda, Dewi (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny. E DENGAN INKONTINENSIA URIN MELALUI PENERAPAN KEGEL EXERCISE DI RW 19 KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text ( Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
KIA. fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inkontinensia urin adalah pengeluaran urin secara spontan pada sembarang waktu di luar kehendak (involunter). Masalah ini perlu perhatian khusus karena dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup lansia, dampak yang di timbulkan antara lain, lansia menjadi kurang percaya diri dengan kondisinya, kemudian menutup diri dari lingkungan sosialnya. Pada kasus kelolaan di dapatkan masalah belum optimalnya perawatan lansia dengan masalah inkontinensia urin, sehingga perlu penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat. Salah satu cara untuk mengatasi inkontinensia urin adalah dengan latihan senam kegel (kegel exercise).Latihan senam kegel (kegel exercise) merupakan terapi non-farmakologi yang dapat meningkatkan kekuatan otot panggul. Tujuan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien inkontinensia urin melalui penerapan latihan senam kegel (kegel exercise). Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir setelah diberikan asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan pasien tentang perawatan inkontinensia urin serta adanya perubahan menjadi lebih baik dengan penerapan Latihan senam kegel (kegel exercise) dan hasilnya dilihat dari peningkatan skala RUIS ( Resived Urinary Inkontinence Scale ) dari 12 ke 8. Saran dari laporan ini, yaitu agar petugas kesehatan dapat mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih,S.Kp.M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Lansia, Inkontinensia urin, kegel exercise
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:27
Last Modified: 21 Sep 2020 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62427

Actions (login required)

View Item View Item